Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima tiga jenis barang logistik yang akan digunakan untuk keperluan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Dalam tahap awal ini kita sudah terima kotak suara, bilik suara, dan terakhir kemarin telah kami terima segel pemilu," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Darjiyono di Mentok, Sabtu.

Ia mengatakan masih ada beberapa logistik lain yang akan diterima dalam waktu dekat untuk menggenapi berbagai kebutuhan yang akan digunakan pada pelaksanaan pemungutan suara, seperti surat suara, tinta, lembar pelaporan, dan lainnya.

Logistik kotak suara yang sudah diterima KPU Kabupaten Bangka Barat berjumlah 2.862 unit, sedangkan bilik suara sebanyak 2.280 yang nantinya akan didistribusikan ke 570 tempat pemungutan suara di daerah itu.

"Untuk jumlah segel pemilu yang kita terima sebanyak 54.857 lembar, seluruhnya sudah kita tempatkan di gudang logistik di Pal 2 Mentok," katanya.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan Pemilu 2024 seluruh logistik ditempatkan di gudang logistik. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya yang disimpan di kantor sekretariat.

Hal ini, katanya, dimaksudkan agar lebih terjaga keamanan dan ketertibannya karena terpisah dengan berbagai aktivitas yang dilakukan kantor sekretariat.

"Di gudang logistik menerapkan sistem keluar-masuk satu pintu sehingga lebih mudah kontrol tamu dan siapa saja yang masuk gudang lebih teridentifikasi," ujarnya.

Terkait pengamanan gudang logistik, kata dia, saat ini KPU Bangka Barat sudah melakukan kerja sama dengan Polres setempat.

"Kami sedang melakukan rekrutmen tenaga keamanan untuk menambah personel pengamanan. Selain itu, kami memasang kamera pengintai di beberapa titik di lingkungan gudang tersebut agar pengamanan lebih terjaga," katanya.

Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis mengatakan pengamanan gudang logistik KPU Bangka Barat dilakukan sejak logistik datang dengan menempatkan enam personel secara bergantian.

Pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup yang memastikan pengawasan di sekitar lokasi gudang maksimal selama 1x24 jam, katanya.

“Personel siaga sehari penuh siang malam, semoga terjaga kondusif dan masyarakat berkomitmen untuk sama-sama menyukseskan pemilu damai, sejuk, dan aman," katanya.

Polres Bangka Barat terus melakukan penjagaan gudang logistik sampai seluruh tahapan Pemilu 2024 selesai.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023