Kesenian debus dan jaipong Paguyuban Warga Sunda Bangka Belitung (PWSBB) siap meriahkan HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-23, yang puncaknya diperingati setiap tanggal 21 November.

“Kita berkoordinasi, agar kesenian Sunda juga bisa ikut memeriahkan HUT Provinsi Babel, bersama beragam pertunjukan seni lain yang juga disiapkan,” kata Ketua Pengurus PWSBB Taufik Hidayat di Pangkalpinang, Selasa. 

Sementara itu, Pj. Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu menyambut baik partisipasi yang dilakukan oleh PSWBB.

Ia berharap perayaan HUT Provinsi Babel kali ini menjadi wadah pertunjukan budaya Babel dan daerah lainnya, selain beragam kegiatan lain yang memang telah dipersiapkan sebagai rangkaian peringatan hari jadi provinsi yang ke-23 tahun.

“Pemprov. menyiapkan berbagai wadah untuk masyarakat, baik itu fasilitas publik dan lain-lain, semoga beragam pertunjukan ini juga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat,” katanya. 

Tidak hanya puas menjalin sinergi di sektor kesenian, PWSBB juga berharap konektivitas antara Babel dan Jawa Barat memiliki akses yang lebih mudah yakni dengan dibukanya kembali rute penerbangan langsung dari Bandar Udara Kertajati (Jawa Barat) ke Babel atau sebaliknya. Hal ini dianggap perlu guna meningkatkan daya wisata lokal dari Jawa Barat ke Babel.

“ Dulu saat masih ada rute penerbangan langsung banyak sekali Pak, anak-anak sekolah yang berlibur ke Babel, ada juga wisatawan lokal lainnya, selain itu pasti mahasiswa Babel di Jawa Barat sangat terbantu sekali dengan rute penerbangan langsung,” kata Taufik kepada Pj. Gubernur Suganda yang disambut baik sebagai masukan.

Untuk diketahui, PWSBB belum lama ini dikukuhkan dan dilantik kepengurusannya oleh Pj. Gubernur Suganda.Sinergi dan komunikasi aktif yang demikian memang diharapkan oleh Pj. Gubernur Suganda agar setiap paguyuban yang ada di Babel turut aktif dalam memajukan Bumi Serumpun Sebalai.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023