Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan anggaran untuk pelaksanaan dan pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 telah mencapai 40 persen kepada Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu kabupaten setempat.

"Kemarin sudah kita tandatangani bersama naskah perjanjian hibah daerah, anggaran segera disalurkan untuk operasional dua lembaga tersebut," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, berdasarkan ketentuan, penyaluran dana hibah Pilkada Kabupaten Bangka Barat kepada KPU dan Bawaslu Bangka Barat, anggaran tersebut disalurkan dalam dua tahun anggaran. 

Untuk KPU Kabupaten Bangka Barat pada tahun ini, hibah diberikan sebesar Rp9.300.716.000, sedangkan sisanya akan disalurkan tahun depan dengan jumlah Rp13.951.074.100.

Baca juga: KPU Bangka Barat percepat penyaluran anggaran Pilkada 2024

Sedangkan untuk Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, tahap pertama pencairan hibah sebesar Rp2.620.515.200 dan tahun 2024 Rp3.930.772.800.

Bupati mengatakan penyediaan dana untuk pelaksanaan pilkada merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 sekaligus bentuk kesiapan pemerintah dalam menjalin sinergisitas dengan lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu.

"Ini komitmen dan keseriusan pemda dalam mewujudkan pelaksanaan pilkada agar berjalan sesuai tahapan yang telah ditentukan, kami juga mengajak seluruh elemen dan masyarakat ikut mendukung terwujudnya pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Di berharap KPU dan Bawaslu Bangka Barat dalam penggunaan dana agar dapat berpedoman pada aturan perundang-undangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan.

Baca juga: Bangka Barat siapkan Rp33 miliar untuk sukseskan Pilkada 2024

Baca juga: KPU Bangka Barat usulkan anggaran Pilkada 2024 Rp25 miliar

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023