Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Adang Daradjatun audiensi bersama Polda Babel dan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 di Babel berjalan aman dan damai.

"Sebelumnya dari hasil pertemuan dengan Mahkamah Agung dan Jaksa Agung serta Kapolri, MKD  menyepakati untuk bersama-sama menyambut pemilu ini dengan aman dan tentram," kata Adang kepada media usai audiensi tersebut, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan dari kondisi riil saat ini banyak masalah hoaks, surat kaleng dan sebagainya dalam Pemilu sehingga hal-hal negatif yang menjelang pemilu ini dapat di cermati oleh peserta pemilu.

Oleh karena itu di audiensi ini pihaknya juga mengingatkan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk mengikuti aturan sebagai peserta Pemilu 2024 dengan melakukan kampanye hanya diluar atau lapangan saja. 

Baca juga: Ketua MKD DPR RI kunjungi Babel

Selain itu jangan ada surat kaleng yang masuk di kepolisian dan laporan ke kejaksaan atau hal lainnya.

"Kapolda dan Kejati menyatakan persiapan pemilu sejauh ini sudah berjalan baik dan situasi di Babel sangat kondusif. Kita harap Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asep Maryono menambahkan sesuai amanat Jaksa Agung, Kejaksaan Tinggi Babel tidak akan memproses laporan peserta pemilu sampai proses Pemilukada selesai.

"Kita tidak akan memproses laporan atau temuan yang masuk sampai proses Pemilu selesai. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada laporan yang masuk, dan kita melihat di Babel kondisi politik sangat kondusif hingga saat ini," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023