Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar sebuah pertunjukan dengan tema Karangan Doa Untuk Pahlawan sebagai bentuk persembahan kepada para pendahulu di Hari Pahlawan 10 November 2023.

"Pementasan seni dengan melibatkan sejumlah kelompok dan komunitas penggiat seni lokal ini kami harapkan bisa menjadi wadah positif bagi generasi muda untuk mengaktualisasi talenta yang dimiliki sesuai dengan tema yang disepakati," kata Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno di Mentok, Jumat.

Dalam pertunjukan yang akan dilaksanakan di halaman Pesanggrahan Bangka Tin Winning Mentok ini sejumlah penampil sudah disiapkan, antara lain Samroh Zaman, Kampuseni project, Halaman Rumah Panggung Network Kebudayaan, Glorify 1 Choir, SLB Negeri Mentok, Ansamble SMP Santa Maria, dan lainnya.

"Kami berharap pementasan ini bisa menjadi ruang positif bagi tumbuh kembang kesenian di Bangka Barat, ini merupakan ruang yang baik untuk berkumpul dan membangun semangat kebersamaan, gotong royong, untuk Indonesia yang lebih baik," katanya.

Baca juga: Forkopimda Babel ziarah dan tabur bunga peringati Hari Pahlawan

Pementasan dilaksanakan Jumat (10/11) mulai pukul 16.00 WIB berlokasi di halaman Pesanggrahan BTW Mentok ini diharapkan mampu menjadi ruang positif bagi generasi muda dalam berekspresi dan memaknai semangat serta nilai kepahlawanan di masa kini.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka Barat Safrizal mengajak generasi muda di daerah itu bisa memaknai peringatan Hari Pahlawan dengan semakin giat belajar agar bisa bersama-sama memerangi kemiskinan dan kebodohan.

"Semangat para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI ini bisa kita aktualisasi masa kini dengan bersama-sama melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda yang cerdas sesuai perkembangan zaman," kata Safrizal.

Ia mengatakan perang terhadap kemiskinan dan kebodohan itu sesuai tema nasional pada peringatan Hari Pahlawan 2023 dengan harapan agar generasi muda semakin giat dalam belajar.

Baca juga: Tidak korupsi, itu saja syarat menjadi pahlawan di hati kami

"Temanya semangat pahlawan untuk masa depan dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan, kita bisa memaknai tema ini dengan meningkatkan motivasi para pemuda agar giat belajar sehingga nantinya bisa bersaing dan mampu mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya.

Ia mengajak seluruh pemuda di Kabupaten Bangka Barat dapat mengambil contoh dari semangat dan jiwa kepahlawanan, serta sifat-sifat para pahlawan yang rela berkorban demi bangsa dan negara. 

Dengan semangat itu diharapkan para pemuda semakin aktif dalam upaya pengentasan kemiskinan yang saat ini masih menjadi tantangan bagi seluruh bangsa.

Melalui peringatan Hari Pahlawan ini generasi muda perlu belajar banyak dari para pendahulu, mengaktualisasi semangat kepahlawanan dalam kehidupan nyata di tengah masyarakat agar ke depan Indonesia semakin maju.

Baca juga: Presiden Jokowi pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Kalibata

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023