Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pelatihan peningkatan kompetensi bagi kepala sekolah tingkat SD dan SMP.

"Pelatihan diikuti sebanyak 35 kepala SD dan SMP yang berlangsung hingga 17 November 2023," kata Bupati Belitung Timur Burhanudin di Manggar, Senin.

Bupati mengatakan, para kepala sekolah dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi dan potensi diri demi kemajuan lembaga pendidikan yang dipimpinnya.

"Kepala sekolah dapat melakukan observasi setiap akan melaksanakan tugas, terutama di sekolah yang baru dan penting untuk menunjang tugas serta fungsinya sebagai kepala sekolah," ujarnya.

Menurut dia, kepala sekolah harus paham dengan karakteristik anak dan lingkungan sosial.

Bupati mengingatkan para kepala sekolah agar mengedepankan komunikasi baik dengan guru, tenaga tata usaha maupunkomunitas orang tua.

"Kepala sekolah jangan mengedepankan arogansi dan emosi, karena lingkungan mereka berbeda-beda," ujarnya.

Kepala BKPSDM Belitung Timur Hendri Yani mengatakan tujuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

"Tenaga pengajar dan narasumber yang akan menyampaikan materi pelajaran selama pelatihan berasal dari Balai Besar Guru Penggerak Jawa Tengah," ujarnya.

Ia mengatakan, kemajuan sebuah lembaga pendidikan sangat tergantung kepala sekolah terutama dalam menerapkan kurikulum merdeka.

"Saat ini sudah semua sekolah menerapkan kurikulum merdeka, namun perlu penyempurnaan dalam penerapannya," ujar dia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023