Pemerintah Kabupaten Bangka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan pelayanan kesehatan primer terintegrasi di Puskesmas Kenanga dan Puskesmas Pembantu Rambak di Kelurahan Jelitik.

Kepala Puskesmas Kenanga Eddiar Handani di Sungailiat, Jumat, menyampaikan bahwa puskesmas dan puskesmas pembantu dengan integrasi layanan primer memiliki klaster-klaster pelayanan berdasarkan siklus hidup.

Klaster pelayanan yang dimaksud mencakup pelayanan kesehatan untuk ibu hamil, bayi dan balita, remaja, orang dewasa, dan orang lanjut usia serta layanan penanganan penyakit menular dan layanan lintas klaster.

Direktur Tata kelola Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Then Suyanti mengatakan bahwa integrasi layanan kesehatan primer ditujukan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga di tingkat desa dan dusun.

Integrasi layanan kesehatan primer, menurut dia, juga dimaksudkan untuk memperkuat upaya promosi dan pencegahan penyakit melalui deteksi dini dan skrining serta meningkatkan pemantauan kondisi kesehatan masyarakat hingga di perdesaan/kelurahan.

"Penguatan struktur ini melalui penguatan puskesmas, pustu, dan posyandu, serta penguatan jejaring," kata dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023