Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam pengawasan guna mewujudkan Pemilu 2024 yang sukses, demokratis, dan bermartabat.

"Kami telah melakukan sosialisasi kepada sejumlah kelompok masyarakat dan organisasi untuk mendorong peningkatan peran pengawasan. Kami berharap upaya ini bisa berjalan sesuai dengan harapan," kata Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Budi Santoso di Mentok, Senin.

Menurut dia, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengawasan seluruh tahapan Pemilu 2024 karena Bawaslu menyadari personel yang ditugaskan dalam pengawasan jumlahnya sedikit dan kurang mampu untuk melaksanakan tugas secara menyeluruh.

"Petugas pengawas sedikit, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa dan kelurahan sehingga kita butuhkan peran serta masyarakat agar bisa bersama-sama melakukan pengawasan tahapan yang sedang berjalan," ujarnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan peran aktif masyarakat, kata dia, dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman berbagai aturan serta tata cara pengaduan dugaan pelanggaran berbagai tahapan pemilu.

ia mengatakan sosialisasi terus dilakukan kepada masyarakat, antara lain kepada para pelajar yang telah memiliki hak pilih, tokoh masyarakat, kelompok masyarakat, organisasi kepemudaan, pengurus partai politik, dan para wartawan di daerah itu.

"Kemarin kita menggelar sosialisasi dan publikasi hasil pengawasan pencalonan anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat kepada sejumlah akademisi, anggota organisasi kepemudaan, para pelaku seni, pengurus sanggar, dan wartawan," ujarnya.

Berdasarkan hasil pengawasan tahapan Pemilu 2024, ujar dia, KPU Kabupaten Bangka Barat telah menetapkan 404 calon legislatif pada daftar calon tetap (DCT) peserta Pemilu 2024 dari jumlah tersebut terdapat 13 mantan narapidana.

"Dari 404 caleg ini akan dipilih oleh rakyat untuk menentukan 30 anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat pada periode selanjutnya," katanya.

Dengan berbagai upaya sosialisasi yang dilakukan, papar dia, diharapkan partisipasi pemilih dan peran aktif masyarakat terhadap pengawasan meningkat sehingga Pemilu 2024 berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.

"Pilihlah calon anggota legislatif yang berintegritas dan dapat menjadikan Bangka Barat lebih baik ke depan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023