Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) University dalam program beasiswa jenjang strata 1 (S1) bagi lulusan SMA sederajat berprestasi asal daerah itu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bangka, Muchtar, di Sungailiat, Selasa, mengatakan, kerja sama dengan IPB University bagi lulusan SMA berprestasi karena PTN itu dikenal berkualitas di bidang pertanian.

"Tercatat ada 17 orang yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Bangka di IPB, bahkan ada yang sudah mengabdi di pemerintahan," jelas dia.

Selain dengan IPB University, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bangka juga melakukan hal yang sama dengan sejumlah perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia.

Sejak 2017 Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah mengirim putra dan putri terbaiknya untuk mengikuti studi di Universitas Jambi untuk program studi pendidikan dokter.

"Saat ini mahasiswa itu tengah menjalani program beasiswa utusan daerah mengikuti 'co-assistant' sebagai persyaratan menjadi dokter," jelas dia.

Dengan terbangunnya kerja sama dengan IPB, kata Muchtar, ke depan dapat menghadirkan generasi muda yang memiliki keilmuan memadai untuk menghadapi iklim kompetitif persaingan global khususnya di bidang pertanian.

"Saya berharap mahasiswa yang memperoleh beasiswa dari Pemerintah Bangka hendaknya belajar dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023