Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemeriksaan terhadap kamar tahanan di Rutan Kelas IIB Mentok guna mencegah kemungkinan peredaran dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain di kalangan warga binaan.

"Selain memeriksa kamar-kamar, kami juga melakukan tes urine secara acak kepada beberapa warga binaan dan hasilnya negatif, tidak ada yang terindikasi mengonsumsi narkoba," kata Kepala Polsek Mentok AKP Baskara Githea Erlangga di Mentok, Kamis.

Menurut dia, kegiatan pemeriksaan kamar dan tes urine bagi para warga binaan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan polisi untuk mencegah kemungkinan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan rumah tahanan.

"Kita selalu bekerja sama dengan pihak Rutan Mentok untuk bersama-sama melakukan pencegahan, ini akan terus kita gelar secara berkala," katanya.

Pada kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Mentok tersebut, para petugas selain melakukan tes urine juga melakukan pemeriksaan kamar warga binaan untuk mencegah adanya barang berbahaya masuk dalam kamar.

Hasil pemeriksaan tidak ditemukan benda yang berbahaya, begitu juga dengan hasil pemeriksaan urine seluruhnya negatif dan tidak ditemukan tahanan yang terdeteksi mengonsumsi narkoba.

Polisi juga menyampaikan beberapa hal penting kepada pihak Rutan Mentok agar selalu waspada pada setiap barang yang masuk atau diantarkan pihak keluarga atau kerabat warga binaan.

"Kami minta petugas untuk selalu memeriksa secara teliti setiap barang yang masuk guna mencegah adanya penyelundupan barang berbahaya lain yang tidak sesuai dengan aturan," katanya.

Pihaknya juga akan melakukan kegiatan serupa secara berkala seusai dengan waktu yang direncanakan guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

"Kami berharap kegiatan ini bisa mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba sekaligus menciptakan situasi rumah tahanan yang aman, tertib dan kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023