Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi meninjau pembangunan Jembatan Baturusa II sistem "bascule" atau buka tutup untuk melihat dari dekat sejauh mana perkembangannya.

"Kami minta PT Haka sebagai rekanan pembangunan Jembatan Baturusa II segera mengaspal, paling lambat pengaspalan jalan selesai akhir Juni ini," kata Rustam Effendi saat meninjau pembangunan jembatan senilai Rp420 miliar itu di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menargetkan Jembatan Baturusa II yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka itu selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Jembatan ini harus segera diselesaikan agar masyarakat dapat menikmatinya sebagai akses cepat yang menghungkan Kota Pangkalpinang dengan Sungailiat di Kabupaten Bangka," ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini proyek pembangunan Jembatan Baturusa II sudah selesai tepat waktu, baik administrasi maupun pengerjaan dan sudah masuk uji kelayakan.

"Saat ini tinggal pengaspalan saja dengan hotmix," katanya.

Menurut dia jembatan sepanjang 13 kilometer yang melintasi Sungai Ketapang itu harus selesai sehingga dapat digunakan sebagai arus mudik Pangkalpinang ke Sungailiat atau sebaliknya.

"Jembatan ini sangat efektif sekali karena waktu tempuh yang lebih cepat. Biasanya butuh waktu dua jam, dengan jembatan ini menuju Kabupaten Bangka tidak lebih dari 30 menit," ujarnya.

Jika jembatan ini selesai tepat waktu, kata dia, banyak manfaat terutama dalam percepatan perekonomian masyarakat.

"Jembatan ini akan menjadi salah satu ikon Babel dalam menggerakkan sektor pariwisata yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah," ujar Rustam Effendi.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016