Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Kami mengapresiasi pihak yang berkolaborasi di tengah kekurangan Belitung untuk bisa terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Hai ini disampaikannya usai menerima bantuan peralatan kesehatan UV sterilizer program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Cosmos kepada Dinas Kesehatan Belitung.

"Kami ucapkan terimakasih atas bantuan peralatan UV dari PT. Cosmos dan ini adalah produk buatan Indonesia," ujarnya.

Dirinya bersyukur, Belitung mendapatkan bantuan peralatan alat sterilisasi berbasis sinar UV tersebut di tengah kondisi keterbatasan anggaran guna membeli peralatan tersebut.

"Kami beruntung sekali di tengah anggaran yang tidak tersedia untuk membeli alat UV kami mendapatkan bantuan dari pihak Cosmos," katanya.

Dikatakan wabup, peralatan tersebut nantinya akan didistribusikan kepada seluruh puskesmas, laboratorium, dan mobil-mobil ambulans guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu.

"Salah satunya adalah di mobil ambulans Public Safety Center (PSC) 119 yang akan dilengkapi dengan alat UV ini," ujarnya.

Menurutnya, alat tersebut memiliki kemampuan untuk membunuh kuman ataupun bakteri sampai 99,9 persen sehingga melindungi petugas kesehatan saat bertugas.

"Alat ini fungsinya adalah membuat perawat lebih percaya diri, nyaman, dan aman dalam bertugas karena telah disterilisasi kuman dan bakterinya bisa mati," katanya. 

Ia berpendapat, keberadaan peralatan ini sangat penting dalam menjaga protokol kesehatan meskipun tidak berada di tengah situasi pandemi COVID-19 lagi.

"Karena setelah pandemi COVID-19 banyak masyarakat kita lupa bahwa pola hidup sehat untuk terus diterapkan termasuk di jajaran petugas kesehatan," ujarnya.

Wabup mengajak pihak swasta di daerah itu terus berkontribusi dan bergandengan tangan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Karena dengan cara ini kita bisa mempercepat akselerasi pembangunan pelayanan kesehatan yang berkualitas di Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023