Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seorang warga Merawang jatuh ke dalam sumur, Senin (27/11).

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi pada hari ini Senin (27/11) pukul 12.28 WIB terhadap Kondisi membahayakan Manusia seorang warga merawang terjatuh ke dalam sumur.

Korban berinisial Z (55/P) warga desa merawang sebelumnya diketahui terjatuh ke dalam sumur pada pukul 11.02 WIB saat seorang warga yang ingin membeli ayam kepada korban dirumanya. Namun jelang 10 menit, korban tidak kunjung merespon hal tersebut. Kemudian saudara korban yg berada di belakang rumah korban mencoba memanggil korban dan mengecek kedalam rumah korban. Namun saudara korban menemukan korban sudah berada didalam sumur yang ada didalam rumah korban. Mengetahui hal tersebut, Ibu Tania saudara korban menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang untuk meminta pertolongan evakuasi.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan bocah tenggelam di kolong Temberan

Mendapatkan informasi tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 1 Tim Rescue menuju lokasi rumah korban di desa merawang.

Upaya evakuasi terhadap korban yang terjatuh kedalam sumur dibantu oleh Tim SAR Gabungan dari beberapa instansi terkait yakni Tim Rescue Kansar Pangkalpinang, Polres Bangka, Kapolsek Merawang, BPBD Kab. Bangka, Damkar Kab. Bangka, dan Masyarakat.

Tim Rescue Kansar Pangkalpinang dibantu TIM SAR Gabungan melakukan Evakuasi terhadap korban menggunakan system CSR (Confined Space Rescue) untuk memudahkan proses evakuasi terhadap korban. Tidak berselang lama, korban berhasil diangkat dari dalam sumur dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi kerumah korban 

Dengan berhasilnya evakuasi terhadap korban yang terjatuh didalam sumur, maka operasi gabungan resmi ditutup.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa, mengungkapkan keberhasilan operasi SAR Gabungan ini merupakan kerjasama yang baik antar stackholder yang ada di bangka belitung, sehingga setiap operasi SAR yang ada di bangka belitung dapat berjalan dengan baik, saya mewakili seluruh jajaran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengucapkan terimakasih atas bantuan saudara-saudara dan rekan-rekan yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam operasi SAR yang berada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023