Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 2024 menyiapkan anggaran sekitar Rp1,1 miliar untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dalam sektor pariwisata.

"Anggaran ini sudah disiapkan melalui dana alokasi khusus nonfisik yang rencananya akan digunakan untuk kegiatan pelatihan kepada pengelola destinasi wisata, pelaku wisata dan pelaku usaha jasa pariwisata pada tahun depan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali di Mentok, Selasa.

Menurut dia, pengembangan keterampilan dan pengetahuan pelaku pariwisata, pengelola dan usaha jasa penting dilaksanakan agar keterampilan dan wawasan semakin meningkat sehingga pariwisata di bangka Bangka Barat akan semakin berkembang.

"Untuk tahun ini kita sudah laksanakan sebanyak delapan kali pelatihan dari sembilan kegiatan yang kita rencanakan, dengan anggaran yang disiapkan sebanyak Rp1,2 miliar, dan untuk tahun depan kita akan tetap laksanakan dengan anggaran yang sudah disiapkan tersebut," katanya.

Menurut dia, penyiapan anggaran untuk menjalankan kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah daerah dalam upaya membangun sektor pariwisata di Bangka barat agar semakin berkembang dan bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain itu, kegiatan itu juga menjadi bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yang saat ini juga sedang termotivasi untuk terus mengembangkan sektor pariwisata yang dimulai dari tingkat desa.

"Banyak potensi wisata di setiap desa yang perlu terus digali potensinya untuk kemudian dikembangkan. Hal ini tentu membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan memiliki keahlian serta wawasan luas agar potensi bisa dikemas dengan baik, menarik dan khas," katanya.

Selain itu, para pengelola daya tarik wisata juga butuh dukungan dari pemerintah desa, instansi terkait, perusahaan dan masyarakat agar semakin bagus, banyak dikunjungi wisatawan sehingga bisa berkembang dan mandiri.

Untuk pelatihan sumber daya manusia ini akan terus dilaksanakan agar mereka semakin mumpuni, kreatif dan inovatif mengelola potensi yang dimiliki dan bisa menjalankan bisnis dengan baik dengan melibatkan banyak warga di sekitar sehingga pariwisata memberikan dampak positif nyata bagi masyarakat dan daerah.

"Terakhir minggu lalu kita telah menggelar pelatihan bagi para pemandu kegiatan wisata luar ruangan, ke depan akan banyak lagi yang kita berikan agar pelaku wisata semakin termotivasi dalam menjalankan bisnis ini," katanya.


 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023