Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadikan GOR Tanjung Pandan sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024.

"GOR Tanjung Pandan kami gunakan sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024," kata Ketua KPU Belitung Soni Kurniawan di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, KPU Belitung mulai menggunakan GOR Tanjung Pandan sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024 pada, Rabu (6/12).

Ia mengatakan, saat ini logistik Pemilu 2024 yang telah diterima oleh KPU Belitung untuk sementara waktu disimpan di gudang penyimpanan yang belum permanen terletak di jalan Anwar, Kelurahan Lesung Batang, Tanjung Pandan.

"Oleh karena itu pada, Rabu (6/12) seluruh logistik yang ada di gudang KPU Belitung akan mulai digeser menuju GOR Tanjung Pandan," ujarnya.

Dikatakan Soni, kondisi GOR Tanjung Pandan yang akan menjadi gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024 telah dilakukan sterilisasi oleh pihak Perum Bulog.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya gangguan atau serangan hama sehingga dapat merusak kondisi logistik Pemilu 2024 di lokasi tersebut.

"Setelah dilakukan sterilisasi terkait serangan hama maka barulah GOR Tanjung Pandan akan kami tempati sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024," katanya.

Selain itu, kata Soni, GOR Tanjung Pandan juga akan menjadi tempat perakitan, pelipatan, pengepakan, hingga pendistribusian logistik Pemilu 2024 seperti kotak suara, surat suara, dan bilik suara.

Selanjutnya GOR Tanjung Pandan juga akan menjadi lokasi pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanjung Pandan karena ada dua daerah pemilihan (dapil).

"Sehingga ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di GOR Tanjung Pandan sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024," ujarnya. 

Ia menambahkan, saat ini sejumlah logistik Pemilu 2024 telah sebesar 85 persen diterima oleh KPU Belitung.

"Kami juga sudah melihat proses pencetakan surat suara Pemilu 2024 khusus untuk Kabupaten Belitung di Klaten, Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023