Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan pengawasan dan monitoring pelaksanaan pengadaan surat suara pemilu 2024 bersama Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota Se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Klaten Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar mengatakan untuk memastikan dan menjamin bahwa pelaksanaan pengadaan surat suara dilakukan sesuai dengan specimen dan dummy yang sudah ditetapkan oleh KPU sebagaimana yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan. 

Pelaksanaan pencetakan surat suara Pemilu merupakan rangkaian dari proses pengadaan logistik pemilu 2024 yang menjadi fokus pengawasan Bawaslu. 

"Kita sudah cek untuk progres cetak surat suara Babel sudah mencapai 80 persen, semoga dapat selesai sesuai dengan waktu yang ada termasuk pendistribusiannya," kata EM Osykar di sela-sela pengawasan dan monitoring melakukan pengecekan terhadap spesifikasi dan progres cetak surat suara yang dilakukan oleh pihak penyedia, Rabu (6/12).

EM Osykar menambahkan bahwa untuk surat suara Pemilu 2024 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada 5 jenis surat suara yang di cetak antara lain meliputi surat suara calon PPWP, calon anggota DPR RI Dapil Babel, calon anggota DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung.

"Untuk surat suara pemilu yang sudah dicetak akan distribusikan berkisar tanggal 11 hingga 12 Desember 2023 ke Bangka Belitung dengan tujuan pengiriman langsung ke Kabupaten/Kota masing-masing.

Anggota Bawaslu Babel yang membidangi SDMO dan diklat yang sekaligus menjadi PIC pengawasan pengadaan logistik, Jafri mengatakan pihaknya sudah mengecek secara langsung terhadap proses dan mekanisme pencetakan surat suara guna memastikan apakah sudah sesuai dengan aturan apa belum dan proses pengadaan surat suara sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

"Kami berharap logistik surat suara ini dapat didistribusikan sesuai dengan target dan timeline yang ada karena pasca ini kita harus melakukan pengawasan terhadap proses sortir yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota. Hal ini penting untuk menjamin dan memastikan logistik pemilu dilakukan secara tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas dan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan," tutup Jafri.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023