Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama melakukan panen cabai merah di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (7/12/2023). 

Sedikitnya ada 2.000 batang cabai merah yang siap panen di kawasan seluas seperempat haktare tersebut. Dari ribuan batang itu, BI Babel bersama Gapoktan Karya Bersama berhasil memanen sebanyak 150 kilogram cabai merah. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman menuturkan, panen cabai ini masih dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Bangka Belitung.

"Kami sangat apresiasi kegiatan ini. Kami harap hasil panen cabai merah ini dapat membantu memperkuat pasokan cabai merah lokal, sehingga stabilitas harga cabai merah kembali terjaga di Bangka Belitung," ujar Faturachman. 

Faturachman mengatakan, berdasarkan pemantauan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPwBI Babel), setidaknya terdapat lima kelompok tani di Provinsi Babel yang telah memulai panen diantaranya Gapoktan Karya Bersama Desa Perlang, Kelompok Tani (Poktan) Pelita Bangka, Gabungan Kelompok Petani Belitung Timur dan  Kelompok Tani Dukong Jaya Mandiri Belitung. 

"Dari informasi lapangan yang kami dapatkan, pasokan cabai di Babel insyaallah akan terus meningkat. Bahkan masa panen akan berlangsung hingga Januari 2024. Jadi dengan demikian, harapannya kenaikan harga cabai yang belakangan ini kita lihat meningkat itu, bisa kita kendalikan," kata Faturachman. 

Namun demikian, dikatakan Faturachmam, meski nantinya harga cabai bisa dikendalikan, pihaknya berharap para gapoktan tetap mempunyai inisiatif untuk tetap menanam cabai. Dengan begitu, katanya, diharapkan inflasi Bangka Belitung bisa tetap dalam kisaran 3±1 persen (yoy). 

Selain itu kata Dia, KPw BI Bangka Belitung akan terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah mendorong produksi pangan lokal untuk menurunkan ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah. 

"Aneka pangan yang terus didorong dari sumber local antara lain komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang merah, kangkung sayur mayur, padi, dan ikan budidaya," katanya. 

Sejalan dengan hal tersebut, kata Dia, untuk memperkuat sinergi dan inovasi program pengendalian inflasi, khususnya komoditas cabai, Bank Indonesia juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam program implementasi best practice pengembangan klaster ketahanan pangan, gerakan budidaya pangan mandiri, pemanfaatan pupuk organik dan penguatan kapasitas petani melalui capacity building.

"Besar harapan kita, dengan berbagai upaya ini, inflasi Babel tetap terjaga hingga akhir tahun, terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru 2024," kata Faturachman. 

Wakil Bupati Bangka Tengah Era Susanto juga memberikan apresiasi terhadap Gapoktan Karya Bersama Desa Perlang yang dinilainya telah berhasil dalam melakukan penanaman cabai merah. Bahkan dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan BI Babel. 

"Keberadaan gapoktan ini memang harus ada peran pemerintah baik itu provinsi maupun kabupaten. Dengan begitu, hasil yang ingin dicapai bisa optimal," ujar Era. 

Bahkan Era juga menyebut, pengendalian inflasi pangan ini memang harus ada peran serta pemerintah, dan salah satu upaya menekan inflasi itu adalah komoditinya. 

"Untuk itu, petani cabai kita juga harus dipikirkan bersama hulu ke hilirnya. Jangan mereka disuruh nanam tapi marketnya tidak ada, karena petani ini umumnya mereka hanga menjual dari hasil panen saja. Tapi dari hulu ke hilir itu harus diperhatikan karena marketnya luas ini, bisa jadi cabai kering, bon cabe seperti itu," ujar Era.

Karena itu, Era juga meminta agar anti setiap kecamatan di Bangka Tengah harus melakukan pemetaan masing-masing. Misalnya, di Kecamatan Lubuk Basar khusus cabai, sementara di kecamatan lainnya harus berbeda. 

"Kebutuhan petani-petani kita juga harus diperhatikan, dukungan seperti pupuk, benih, alat dan tidak lepas dari dukungan kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Karya Bersama, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar Defu Saputra menyebut, pada hari ini total panen yang dihasilkan sebanyak 150 kilogram. cabai. Dan ini, katanya, memasuki siklus panen kedua. 

"Panen pertama kemarin sudah 50 kilogram, panen kedua 80 kilogram, dan panen hari ini merupakan panen ketiga ada 150 kilogram," kata Defu. 

Defu mengatakan, setiap satu siklus panen cabai bisa menghasilkan hingga 700 kilogram cabai merah. Hasil tersebut, katanya, berdasarkan hasil panen pada siklus pertama sebelumnya. 

"Ini nanti panen selanjutnya masih akan terus berlangsung mungkin sampai Januari nanti juga masih panen siklus yang kedua ini," katanya.

Defu menambahkan, jenis cabai yang dihasilkan ini adalah jenis cabai lokal dari Sumatra Barat.

"Kalau harga jual bervariasi, kalau cabai inikan panennya tiga hari sekali jadi kadang setiap hari itu berbeda-beda. Kalau kita jualanya macam-macam ada yang jual di pasar, ada pengusaha yang ambil langsung, intinya penjualan kita tidak ada masalah," tandas Defu.
 
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama melakukan panen cabai merah di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (7/12/2023).  (ANTARA/ HO-BI Babel)

Panen cabai tersebut dihadiri Deputi Kepala Perwakilan BI Babel Agus Taufik, Wakil Bupati Bangka Tengah Era Susanto, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah Dr. Dian Akbarini, Ketua Gapoktan Karya Bersama Desa Perlang Defu Saputra. 

Di hari yang sama, juga dilakukan panen ikan air tawar Pokdakan Pinang Raya, Kabupaten Bangka Tengah. Pokdakan Pinang Raya merupakan kelompok yang mendapat dukungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BI Babel) dalam pengolahan pakan mandiri dan pembibitan. 

Kelompok ini telah mendapatkan Sertifikat Cara Pembuatan Pakan Ikan yang Baik (CPPIB) dan Sertifikat Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) dari Kemenkomarves. 

Kelompok tersebut telah 15 tahun membudidayakan berbagai jenis ikan air tawar antara lain nila, gurame, bawal, patin, dan lele. Dukungan Bank Indonesia terhadap budidaya ikan air tawar diharapkan dapat meningkatkan subtitusi konsumsi masyarakat dari ikan air laut ke ikan air tawar. 

Secara historis, ikan air laut selama ini kerap menjadi salah satu penyumbang inflasi Bangka Belitung. Total ikan yang dipanen (7/12) sebanyak 1.7 ton yang terdiri dari 1.2 ton ikan nila dan 0.5 ton ikan bawal. Bangka Tengah merupakan produsen ikan air tawar.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023