Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan peran Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) dalam Pemilu 2024.

"Sebanyak 333 anggota Satlinmas sudah kita kukuhkan, tentu kehadiran mereka sangat penting terutama dalam menghadapi Pemilu 2024," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Kamis.

Algafry juga mengharapkan sebanyk 333 anggota Satlinmas yang sudah dikukuhkan itu bisa mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya dengan baik.

"Dalam satu desa akan ada beberapa TPS dan para Satlinmas ini akan bertugas menjaga keamanan di TPS yang ada di setiap desa," ujarnya.

Satlinmas yang sudah dikukuhkan itu akan selalu siaga di desa dan menjalankan fungsinya sebagai pelindung masyarakat.

"Kita berharap mereka bisa menjaga keamanan, ketertiban dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada hari pencoblosan," ujarnya.

Algafry mengatakan, peran Satlinmas tersebut tidak hanya menjaga situasi tetap kondusif pada helatan demokrasi, tetapi sebagai satuan yang mampu berdiri di depan dalam melindungi warga.

"Sebanyak 333 anggota Satlinmas yang sudah kita lantik dan dikukuhkan ini bukan untuk menghadapi pemilu saja, tetapi memang mereka bagian dari komponen penting dalam melindungi masyarakat desa," ujarnya.

Algafry mengingatkan anggota Satlinmas dapat menjaga sikap dan menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

"Satlinmas harus menunjukkan sikap yang baik di masyarakat karena mereka merupakan pelindung warga di yang tinggal di desa," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023