Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak para mahasiswa Universitas Bangka Belitung melakukan gerakan bersama untuk menciptakan lingkungan kampus hijau.

"Kampanye kami bersama puluhan mahasiswa UBB ini diharapkan bisa menggerakkan seluruh mahasiswa dan para pemuda di Babel untuk semakin peduli dalam penanganan dan pengelolaan sampah sekaligus pemberdayaan pemuda dalam bidang lingkungan," kata Ketua Pepelingasih Provinsi Babel Orie Fachridho Hermawan di Pangkalpinang, Senin.

Dia mengharapkan aksi para pengurus dan anggota Pepelingasih Babel di UBB kali ini membuat semakin banyak pemuda tergerak untuk bersama-sama peduli lingkungan, yang bisa dimulai dari lingkungan terkecil sekitar tempat tinggal, kemudian menyebar dengan daya jangkau lebih luas, seperti di kampus dan sekolah.

Program ini merupakan aksi nyata organisasi untuk mencegah dampak kerusakan lingkungan yang dilakukan melalui kegiatan peningkatan kapasitas dan berwawasan pemuda di bidang lingkungan, sekaligus untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDG's).

Sustainable Development Goals adalah program pembangunan berkelanjutan yang disusun negara-negara anggota PBB pada 2015 dan diharapkan tercapai pada 2030. Program ini merupakan bentuk komitmen untuk bersama-sama mencapai kesejahteraan masyarakat dengan tetap memperhitungkan kelestarian lingkungan.

Keterlibatan Pepelingasih sebagai salah satu organisasi binaan Bidang Kepemudaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Babel dalam kegiatan pemberdayaan pemuda selama ini sudah banyak menyentuh anak muda agar semakin memperhatikan kelestarian lingkungan.

Menurut dia, menjaga kelestarian lingkungan membutuhkan aksi nyata turun langsung ke lapangan dengan melakukan berbagai pola pelestarian, antara lain bersih sampah, penghijauan, pemberdayaan masyarakat mengelola sumber daya alam untuk dikembangkan menjadi ekowisata, pengelolaan sampah dan lainnya.

"Ini adalah aksi kita untuk memperbaiki lingkungan yang ada di sekitar, kita juga terus mengajak para pemuda untuk ikut serta menjadi sukarelawan dengan bergabung dalam Pepelingasih," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam penyebaran informasi dan saling berbagai ilmu dan pengalaman, para pengurus Pepelingasih Babel juga terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi dengan melibatkan para mahasiswa dan kelompok pemuda.

"Kami juga bekerja sama dengan instansi terkait lain untuk bisa bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, antara lain kerja sama dengan Pemprov Babel, BP DAS (Balai Pengelolaan Daerah Air Sungai), HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia), dan lainnya," katanya.

Dengan menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi tersebut diharapkan sosialisasi yang membahas isu lingkungan bisa disampaikan dengan lebih jelas dan konkrit.

"Kami juga telah beberapa kali melakukan aksi bersama di lingkungan kampus, salah satunya bersama-sama para mahasiswa UBB dengan membersihkan lingkungan kampus dan sekitar di Desa Balunijuk. Pola ini kami harapkan bisa menumbuhkan rasa peduli, menjaga dan bertanggung jawab pada lingkungan," ujarnya.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Disparbudkepora Babel Pairus mengatakan kegiatan Pepelingasih selama ini sudah berjalan sesuai tugas dan fungsi sehingga berdampak positif bagi masyarakat, terutama dalam menangani permasalahan lingkungan.

"Dengan semangat pemuda-pemuda ini kami harapkan bisa menular ke masyarakat, kami akan selalu mendukung gerakan seperti ini agar terus berlanjut sehingga bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Provinsi Babel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023