Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah melakukan kesiapsiagaan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

"Bentuk kesiapsiagaan kita adalah di buatnya posko-posko di setiap titik jalur transportasi baik darat, udara maupun laut," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa, Kamis.

Mikron mengatakan dalam menyambut Nataru 2024 ini BPBD Babel sudah menyiapkan posko-posko di setiap titik jalur transportasi seperti di Pelabuhan Pangkal Balam, di Bandara Depati Amir, di Hananjoedin, Sadai sampai Tanjung Kalian.

"Artinya dalam posko tersebut berkumpul komponen-komponen dalam penanggulangan bencana, baik itu masalah cuaca,keamanan lalu lintas dan keamanan dalam pelayaran. Kami siap menginformasikan apabila terjadi bencana," ujarnya.

Mikron menambahkan, cuaca ekstrim yang terjadi pada bulan Desember ini dan bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru 2024, menyebabkan gelombang pasang dan Rob yang tinggi akibat dari pengaruh gravitasi antara bumi dan bulan.

Bulan Desember tahun ini masuk ke musim penghujan dan musim utara yang mengakibatkan gelombang pasang dan Rob yang tinggi akibat gravitasi bumi dan bulan, seperti kemarin di Pasir padi airnya sudah sampai ke darat menghalangi jalan dan di tambah lagi cuaca yang tidak menentu kadang panas kadang hujan.

Menghadapi hal ini yang pertama kita harus menjaga kesehatan dan kedua kita harus siaga. Oleh karena itu BPBD Babel mengimbau masyarakat atau pelancong yang datang ke Bangka Belitung agar dapat lebih memperhatikan keadaan cuaca serta menjaga kesehatan dan selalu siaga.

"Kami sudah melakukan rapat di dua tempat Bangka dan Belitung untuk menginventarisir peralatan perlengkapan logistik serta personil di instansi-instansi penggiat bencana. Ada Dinas Lingkungan Hidup, TNI, POLRI, Dinas Sosial, PU, relawan dan beberapa instansi lainnya," tutup Mikron.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023