Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun sebanyak 12 unit rumah layak huni untuk warga di Desa Batu Belubang.

"Ini merupakan bantuan rumah untuk masyarakat Batu Belubang dan nanti kita akan benahi kawasan kumuh di Batu Belubang, untuk sampelnya bisa dilihat relokasi di Desa Kurau," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Minggu.

Ia mengatakan pada 2024 fokus penataan kawasan kumuh di Desa Kurau dan selanjutnya pada 2025 ditargetkan Desa Batu Belubang.

"Tadi juga kita pantau tangga dermaga di Batu Belubang sudah roboh, insyAllah tahun depan kita perbaiki," kata bupati.

Kepala Dinas Permukiman dan Perhubungan Bangka Tengah Fani Hendra Saputra mengatakan bantuan rumah layak huni ini untuk masyarakat yang tidak mampu di Batu Belubang.

"Ini salah satunya masuk program kawasan kumuh, kita ingin membantu masyarakat yang harusnya mendapatkan rumah layak huni," ujarnya.

Fani mengatakan program ini terus berlanjut dan tahun ini diselesaikan 12 rumah dan untuk perencanaan sudah selesai di tahun 2023.

"Selanjutnya progres ini akan kita sampaikan ke pusat, kemudian kita benahi kawasan kumuh di Batu Belubang," ujarnya.

Untuk relokasi, pihaknya sedang mempersiapkan data dan mudah-mudahan program 2025 bisa terlaksana dengan lancar.

"Kita berharap bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama indikator hunian layak, seperti kekokohan bangunan dan sanitasi air bersih," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023