Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (KUKM) Provinsi Kepulauan Babel menyerahkan bantuan peralatan penunjang produksi kepada pelaku UMKM se-Bangka Belitung.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA mengatakan penyerahan bantuan alat produksi ini dalam rangka akselerasi UMKM naik kelas melalui peningkatan kapasitas produksi dan sertifikasi halal produk. 

Bantuan peralatan penunjang produksi pemasaran dan digitalisasi ini diserahkan untuk 186 pelaku UMKM yang ada di lima kabupaten se-Babel. Bantuan alat berupa alat memasak, alat elektronik, ada freezer, kulkas, oven, seperangkat printer dan peralatan produksi lainnya.

"Adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha para pelaku UMKM dalam menjaga kualitas produk usahanya," ujarnya.

Pj Gubernur Safrizal ZA juga berharap adanya bantuan ini para pelaku UMKM dapat menggunakan peralatan secara bijak dan penuh tanggungjawab sehingga usahanya dapat naik kelas dan mendorong peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat.

"UMKM adalah penopang utama ekonomi kita. Jadi bantuan ini stimulan bagi para pelaku UMKM agar mereka terus bangkit dan berkembang," katanya.
 
Kepala Dinas KUKM Babel, Riza Aryani mengatakan bantuan peralatan penunjang produksi pemasaran ini bersumber dari APBD Dinas Koperasi Babel dan Dana Insentif Daerah (DID) Babel dengan total anggaran lebih dari Rp4 miliar sama dengan sertifikat halal, bazar dan pembinaan bagi UMKM disabilitas, wirausaha pemula dan penerbitan HAKI untuk Pelaku UMKM.

"Melalui program pengembangan dan pemberdayaan UMKM, kita memberikan 186 alat bantuan pendukung produksi dan sertifikat halal untuk 5 kabupaten yang ada di Babel. Bantuan berasal dari dana APBD Dinas KUKM dan DID Pemprov Babel," kata Riza Aryani.

Dari kabupaten Bangka yang mendapat bantuan alat produksi ada 33 UMKM, Bangka selatan 49 UMKM, Bangka barat 44 UMKM, Bangka tengah 30 UMKM dan Belitung timur ada 30 UMKM.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023