Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 pada, Rabu (3/1) besok.

"Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 mulai kami laksanakan pada, Rabu (3/1) besok," kata Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 akan melibatkan kurang lebih sebanyak 110 orang.

Pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 akan berlangsung di GOR Tanjung Pandan yang kini dijadikan sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024.

"Kami melibatkan 110 orang menyesuaikan dengan kapasitas GOR Tanjungpandan kalau kurang kami akan sesuaikan dan melakukan penambahan," ujarnya.

Dikatakan dia, 110 orang tersebut akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dalam melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024.

"Sedangkan untuk proses penyortiran surat suara Pemilu 2024 juga melibatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," ujarnya.

Menurutnya, proses penyortiran surat suara Pemilu 2024 penting dilakukan guna mengantisipasi adanya potensi surat Pemilu 2024 yang rusak dan tidak layak pakai.

Pihaknya menargetkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 rampung dalam lima hari ke depan.

Setelah proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 selesai dilakukan maka dilanjutkan dengan tahapan pengepakan.

"Apabila ditemukan adanya surat suara yang rusak dalam proses sortir dan lipat maka akan kami pisahkan terlebih dahulu. Selanjutnya berkomunikasi dengan pihak percetakan untuk melakukan penggantian," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024