Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengatakan sektor pariwisata yang dimiliki daerah bisa mendorong perekonomian masyarakat di wilayah ini yang saat ini sedang menurun.

"Dengan ditetapkannya Bangka Belitung menjadi salah satu destinasi wisata nasional oleh pemerintah pusat, maka ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mengembangkan sektor pariwisata yang dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat," katanya di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, dengan telah ditetapkannya Babel sebagai kawasan destinasi  wisata  nasional, maka daerah tersebut akan mendapat kucuran dana APBN sebesar Rp19 triliun hingga 2019 mendatang.

"Kondisi perekonomian Bangka Belitung saat ini memang dirasa kurang baik dan kondisi seperti ini terjadi tidak hanya di sini saja, melainkan terjadi secara nasional. Untuk itu, salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian Babel melalui sektor pariwisata," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat sedang berupaya untuk memperbaiki kondisi perekonomian Bangka Belitung.

"Kami sudah berkali-kali melakukan rapat di pemerintah pusat untuk bersama-sama memperbaiki kondisi saat ini supaya menjadi lebih baik," katanya.

Ia berharap masyarakat dapat turut mendukung program pemerintah dalam pengembangan pariwisata ini agar kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan menciptakan suasana yang kondusif sehingga investor dapat tertarik.

"Saya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kondisi yang telah kondusif seperti saat ini, karena dengan terciptanya kondisi yang kondusif akan menarik investor luar untuk datang, sehingga nanti dengan sendirinya akan mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Babel," ajaknya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016