Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengawasi proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Belitung Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan pengawasan tersebut dilakukan agar proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 berjalan lancar serta tidak ada yang tertukar.

"Kami melakukan pengawasan terhadap proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 yang saat ini sedang berlangsung di GOR Tanjung Pandan," katanya.

Ia mengatakan, selain itu, pengawasan tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya surat suara Pemilu 2024 yang rusak atau sobek.

Bawaslu Belitung meminta agar masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pelipatan surat suara Pemilu 2024 dapat melaksanakan tugasnya dengan teliti dan penuh kehati-hatian.

"Harus diperhatikan secara teliti jangan asal lipat saja harus dilihat apakah itu benar surat suara Pemilu 2024 kepunyaan Kabupaten Belitung atau bukan," ujarnya.

Aris mengkhawatirkan apabila kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 tidak dilakukan dengan penuh kehati-hatian maka potensi tertukarnya surat suara cukup tinggi.

"Sehingga nanti pada hari pemilihan saat pemilih mau mencoblos ketika dibuka surat suaranya ternyata milik kabupaten yang berbeda," katanya. 

Aris juga mengimbau, apabila petugas menemukan surat suara Pemilu 2024 yang rusak seperti tidak jelas nama calon anggota legislatif dari partai tersebut atau lambang partai tidak terlihat jelas dan surat suara sobek agar segera melapor ke petugas KPU Belitung.

"Nanti KPU Belitung akan melakukan permintaan penggantian surat suara yang rusak tersebut kepada pihak penyedia surat suara," ujarnya. 

Selain itu, Aris juga mengingatkan agar KPU Belitung memperhatikan kondisi cuaca dengan intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Hal ini harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi GOR Tanjung Pandan sebagai lokasi gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024.

"KPU Belitung harus memperhatikan di bulan Januari intensitas curah hujan lumayan tinggi, takutnya kondisi genteng GOR Tanjung Pandan masih layak atau tidak. Karena saya melihat keadaan kaca GOR banyak yang sudah terlihat pecah takutnya ada percikan air kalau curah hujan tinggi," katanya. 

Bawaslu Belitung berharap agar KPU dapat menyelesaikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 secepat mungkin meskipun tidak ada batas waktu akhir pelipatan yang ditentukan.

"Pelipatan memang tidak ada batas waktu namun yang pasti pelipatan surat suara secepatnya harus terselesaikan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024