Ratusan warga Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti acara pesta makan durian di halaman kantor Kepala Desa Nangka pada Selasa (9/1) siang. 

"Acara ini kita laksanakan sebagai wujud syukur hasil panen durian yang melimpah pada tahun ini serta sebagai ajang promosi desa kita sebagai penghasil durian di daerah ini," kata Kepala Desa Nangka Kecamatan Air Gegas Bayumi, Selasa (9/1). 

Disampaikannya acara ini akan digelar setiap tahun agar promosi desa Nangka sebagai tujuan wisata kuliner buah musiman itu lebih dikenal di wilayah Bangka Belitung ini. 

"Acara ini sudah kita agendakan setiap tahun sehingga Desa Nangka ini akan terkenal dengan wisata kuliner buah durian yang beraneka macam rasa ini," katanya. 

Salah satu masyarakat Toboali yang hadir dalam acara Pesta Makan Durian 1000 buah di Desa Nangka Kecamatan Pagelaran Air Gegas Anton mengatakan kegiatan ini selain memberi hiburan juga bisa sebagai ajang promosi tanpa iklan. 

"Kegiatan ini juga bisa menjadi contoh desa lain di Bangka Selatan ini sesuai dengan potensi dan sumber daya alam masing-masing desa yang layak di nikmati masyarakat," pesannya. 
 
Ratusan warga Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti acara pesta makan durian di halaman kantor Kepala Desa Nangka pada Selasa (9/1) siang.  (ANTARA/ Juniardi)

Ia mengatakan untuk desa lain yang misalnya memiliki potensi hasil laut maka ada makan gratis serba ikan begitu juga dengan potensi pertanian yang lain. 

"Dengan adanya acara ini maka bisa menjadi contoh bagi desa yang lain untuk mempromosikan hasil produk dan potensi yang dimiliki oleh suatu desa sehingga bisa lebih berkembang dan maju," sarannya. 

Dirinya berharap acara semacam ini terus dilakukan oleh seluruh desa yang memiliki potensi dan sumber daya alam namun harus dikemas dengan baik dan teratur. 

"Memang suatu kegiatan kita harus selalu baik namun ada saja kekurangan yang terjadi misalnya arus lalu lintas yang agak macet bisa diatasi di kegiatan yang akan datang," katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024