Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi tumbuh kembang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu bentuk keseriusan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ada berbagai program dan kegiatan yang kita lakukan secara berkelanjutan agar para pelaku UMKM ini semakin berdaya saing, baik melalui dinas terkait maupun kerja sama dengan instansi, perusahaan dan kelompok masyarakat," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Senin.

Menurut dia, kegiatan pameran yang digelar di Kecamatan Parittiga selama tiga hari dengan melibatkan para pelaku UMKM, petani, perusahaan dan lainnya merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat pelaku usaha mempromosikan produk masing-masing.

"Kegiatan Parittiga Expo 2024 ini salah satu bukti pemerintah hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan itu para pelaku UMKM semakin memahami kebutuhan pasar dan bisa terus berinovasi meningkatkan kualitas produk maupun menciptakan produk-produk baru sesuai kebutuhan pasar kini.

"Kami juga mendorong para pelaku UMKM melakukan inovasi menciptakan produk-produk unggulan sesuai sumber daya setempat," katanya.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari di lahan bekas garasi milik PT Timah tersebut diisi dengan pameran produk UMKM, panggung hiburan, cek kesehatan gratis, kegiatan olahraga dan kontes durian.

Menurut dia, adanya kontes durian yang digelar dalam kegiatan itu juga bisa menjadi inspirasi bagi warga agar ke depan mampu berkreasi dan berinovasi dengan berbagai jenis buah-buahan produksi petani setempat.

"Lakukan inovasi dengan sumber daya yang ada agar bisa kita kembangkan menjadi lebih baik lagi. Selain itu terus jaga kekompakan, memupuk rasa kebersamaan," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat di era serba digital yang terjadi saat ini diharapkan warga mampu memanfaatkan keunggulan tersebut untuk meningkatkan kualitas yang dimulai dari diri masing-masing dan keluarga guna mendukung upaya bersama mewujudkan masyarakat Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat.

Camat Parittiga, Adhian Zulhajjany Elpurba, memberikan apresiasi kepada para pemuda dan seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan Parittiga Expo 2024.

"Dengan adanya kegiatan ini kami berharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Parittiga, ke depan kita usahakan kegiatan bisa digelar kembali dengan skala lebih besar dan semarak," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024