Pangkalpinang, (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi merupakan sosok pemimpin sederhana, perhatian dan tulus membantu masyarakatnya yang kesusahan. Buktinya beliau dengan tulus membantu Sumiati menderita kanker rahim ovarium ganas untuk berobat ke Rumah Sakit Jakarta,
     
Ketulusan Rustam Effendi terbukti saat beliau mengantar langsung Sumiati merupakan warga Jalan Pesantren 10 Kelurahan Simpang Perlang, Kabupaten Bangka Tengah ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang untuk berobat di Rumah Sakit Tarakakan, Jakarta.
     
Orang nomor satu di Kepulauan Babel itu, sempat meneteskan air mata saat mendorong kursi roda Sumiati, karena beliau merasakan penderitaan yang dialami Sumiati.   

Melihat kanker rahim yang diderita Sumiati, mengingatkan beliau akan masa lalu, dimana ibunya juga sempat merasakan sakit perut yang cukup parah, namun saat diperiksa ternyata bukan kanker rahim. 

"Saya prihatin, tulus dan tidak ada maksud apa-apa," kata Rustam Effendi saat mengantar Sumiati berobat ke Jakarta.

Ia berjanji membantu pembiayaan pengobatan hingga sehat, karena Sumiati tergolong warga yang tidak mampu.    

"Untuk menyembuhkan kanker rahim ovarium ganas ini dibutuhkan waktu lama hingga lima tahun," katanya sembari memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi dan membantu mengobati Sumiati sampai tuntas. 
 
"Saya sedih dan mudah mudahan tidak terjadi lagi hal seperti ini, seharusnya pemerintah daerah setempat tidak mempersulit warganya dengan dengan prosedur, tetapi tangani segera dengan cepat. Kalau tidak bisa ditangani koordinasilah dengan pemerintah provinsi," katanya. 

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak sungkan-sungkan mengadu kepada pemerintah, jika menghadapi kesulitan biaya untuk berobat, karena pemerintah sudah memiliki sejumlah program untuk penanganan kesehatan masyarakat kurang mampu.  

"Mari kita doakan agar Sumiati diberikan kemudahan dan kesembuhan Allah SWT," saat melepas Sumiati berobat ke Jakarta.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016