Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyusun jadwal kampanye rapat umum untuk memfasilitasi seluruh peserta Pemilu 2024 mendapatkan kesempatan sama dalam berkampanye.

"Kami telah menggelar rapat koordinasi bersama dengan para pengurus partai politik, pemerintah daerah dan instansi terkait untuk menyusun dan menetapkan jadwal kampanye rapat umum ini," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Henny Apriana di Mentok, Jumat.

Ia mengatakan secara nasional tahapan kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, namun untuk masa kampanye rapat umum baru akan berlangsung mulai 21 Januari hingga 10 Februari 2024.

"Untuk Babel yang masuk kategori zona C, kampanye rapat umum hanya akan berlangsung mulai 21 Januari hingga 7 Februari 2024. Ini karena pada 8-10 Februari 2024 jadwal ditiadakan di daerah yang masuk zona C, sesuai aturan dari pusat," katanya.

Selain menyusun jadwal kampanye rapat umum, KPU Kabupaten bangka Barat juga telah menyiapkan sebanyak 18 lapangan yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar kampanye rapat umum.

Setiap kecamatan telah disiapkan tiga lokasi kampanye rapat umum dan diharapkan jumlah tersebut cukup untuk menggelar agenda itu.

Ia mengatakan penjadwalan kampanye rapat umum partai politik akan disesuaikan dengan jadwal kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden.

"Ada empat partai politik yang bukan partai pengusung pasangan calon presiden-wakil presiden, ini nanti tetap akan kita berikan kesempatan yang sama seperti partai lain," ujarnya.

KPU Kabupaten Bangka Barat hanya menyusun jadwal kampanye bagi parpol dan calon legislatif yang akan berlaga di tingkat kabupaten, sedangkan untuk kampanye rapat umum bagi pasangan calon presiden-wakil presiden dan DPR RI ditetapkan KPU RI, jadwal kampanye DPRD Provinsi dan DPD RI ditetapkan KPU Provinsi Babel.

"Untuk jadwal pasti, kami juga masih menunggu arahan dari KPU RI dan KPU Provinsi Babel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024