Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong warga untuk mengembangkan komoditas buah yang memiliki potensi besar, baik di pasar lokal, nasional maupun internasional.

"Kabupaten Bangka Barat dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian terbaik di Babel. Ini potensi yang akan kita kembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Kamis.

Ia mengatakan di Bangka Barat terdapat banyak varietas buah durian, dan yang selama ini sudah menjadi primadona para penikmat durian adalah durian Namlung atau biasa disebut durian Cumasi. 

Ukuran durian Namlung lebih kecil dibandingkan jenis durian unggul lainnya, namun Namlung memiliki perpaduan cita rasa khas, campuran sempurna rasa legit, sedikit manis dan rasa pahit di ujung lidah pada saat menikmatinya.

Selain itu, Bangka Barat juga memiliki durian andalan lain, yaitu durian super tembaga Klamunod yang beberapa waktu lalu telah ditetapkan dan bersertifikat sebagai salah satu varietas unggul nasional.

Menurut Sukirman, dua jenis durian tersebut dapat terus dikembangkan di lokasi-lokasi lain agar produksi semakin banyak dan bisa menembus pasar nasional dan ekspor.

"Ini juga bisa dikembangkan menjadi agrowisata sehingga akan menarik banyak wisatawan berkunjung ke Bangka Barat pada saat musim durian," katanya. 

Salah satu lokasi pengembangan kebun durian yang berada di Desa Airbelo, Kecamatan Mentok, bisa menjadi percontohan untuk pengembangan kawasan kebun durian di desa-desa lain.

Dengan melihat langsung ke lokasi tersebut diharapkan akan bisa dikembangkan di desa-desa lain sehingga usaha perkebunan semakin berkembang dan bisa menyejahterakan petani di daerah itu.

"Pemkab akan terus mendukung berbagai upaya yang dilakukan warga guna mewujudkan cita-cita bersama membangun Bangka Barat yang maju, sejahtera dan bermartabat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024