Meskipun sering terlupakan, sarung tangan motor memiliki peran krusial dalam menjaga keselamatan pengendara, sebanding dengan pentingnya pemilihan helm atau perlengkapan berkendara lainnya. 

Kehadiran sarung tangan motor menjadi sangat signifikan bagi mereka yang memiliki hobi berkendara motor atau sering melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Sebelum menentukan pilihan pada sarung tangan motor yang sesuai, penting untuk memahami manfaat yang dapat diberikannya.

Manfaat mengenakan sarung tangan motor memberikan berbagai manfaat penting saat digunakan selama berkendara, salah satunya adalah kemampuannya menahan panas dan sinar matahari yang menyengat. Selain itu, sarung tangan membantu memperbaiki pegangan pada grip sepeda motor, menjaga stabilitas selama perjalanan. Tidak hanya itu, sarung tangan motor juga berperan dalam mengurangi potensi cedera saat terjadi kecelakaan sepeda motor. Karena sejumlah manfaat tersebut, sarung tangan motor tersedia dalam beragam model, mulai dari model setengah hingga model penuh.

Menurut Anggie Faeza Instruktur Safety Riding Indonesia dari Main Dealer Honda Motor Bangka Belitung menjelaskan, pilih sarung tangan Full Cover agar seluruh bagian tangan tertutup lebih aman ketika berkendara.

"Kalau bisa hindari menggunakan sarung tangan setengah atau sering disebut juga sarung tangan half finger memiliki ciri khas karena hanya menutupi sebagian telapak tangan dan sebagian jari-jari, selain itu sarung tangan jenis ini tidak memiliki perlindungan penuh atas tangan pengendara ketika jatuh," ungkap Anggie.

Mengingat pentingnya sarung tangan motor dalam konteks berkendara, ulasan mengenai tips memilih sarung tangan motor disusun agar dapat membantu pengendara memilih dengan tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Langsung simak penjelasannya berikut ini :

1. Memilih Model Sarung Tangan yang Tepat

Pertama-tama kita harus memilih model sarung tangan yang cocok sesuai dengan kebutuhan kita. Terdapat dua jenis model sarung tangan yang beredar di pasaran, yaitu model full dan half. Kedua model sarung tangan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 
Sarung tangan model full memiliki kelebihan dari segi safety karena dapat melindungi tangan kita secara menyeluruh saat berkendara, selain itu membuat kita terhindar dari kulit belang apabila berkendara dibawah terik matahari. 
Sarung tangan model half memiliki kelebihan yaitu tidak membuat pengendara merasa gerah ketika menggunakannya. Namun, sarang tangan model ini tidak dapat melindungi tangan kita secara menyeluruh.

2. Memilih Sarung Tangan Sesuai Ukuran

Selanjutnya, agar lebih nyaman ketika menggunakan sarung tangan, alangkah baiknya kita harus menyesuaikan ukuran sarung tangan dengan tangan kita, sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan kita mempermudah kira untuk memegang grip gas, dan dapat memberikan rasa nyaman.

3. Tentukan Bahan Sarung Tangan Sesuai Kebutuhan

Sarung tangan yang tersedia di pasaran memiliki berbagai macam bahan, seperti bahan kulit, Gore-Tex hingga neoprene. Sehingga kita perlu menyesuaikan bahan sarung tangan motor sesuai dengan kebutuhan berkendara kita.

4. Memilih Sarung Tangan yang Memiliki Fitur Perlindungan Ekstra

Ketika memilih sarung tangan sebaiknya kita memilih yang sudah dilengkapi dengan perlindungan ekstra untuk tangan kita, mulai dari bagian punggung tangan ataupun bagian telapak tangan. Hal ini untuk meningkatkan tingkat safety ketika berkendara. 

5. Pilih Bahan yang Kuat dan Tidak Licin

Setelah kita mengetahui bahan-bahan sarung tangan yang terseida di pasaran, kita juga harus memerhatikan apakah bahan yang digunakan kuat dan tidak licin di tangan sehingga dapat membuat kita slip ketika memegang grip sepeda motor. Hindari memakai sarung tangan yang hanya menawarkan tampilan menarik saja namun tidak memperhatikan fitur kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara.

6. Perhatikan Kualitas Sarung Tangan

Sebelum membeli sarung tangan sebaiknya kita memerhatikan secara detail sarung tangan tersebut, mulai dari jahitan hingga bahan yang digunakan. Karena sarung tangan yang berkualitas kurang baik akan mengurangi efektifitas untuk melindungi tangan kita ketika berkendara.

Meskipun sarung tangan setengah dapat menjadi pilihan yang nyaman dan bergaya, sangat penting untuk mempertimbangkan keamanan sebagai prioritas utama. Sarung tangan penuh, khususnya yang dirancang untuk berkendara, umumnya memberikan perlindungan lebih baik terhadap cedera dan kondisi cuaca yang beragam. Pilihlah sarung tangan yang memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan keamanan sesuai dengan preferensi dan kondisi berkendara Anda.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024