Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 47 mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, akan melakukan kegiatan belajar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna melengkapi syarat pendidikan yang bersangkutan.

"Mahasiswa tersebut direncanakan melakukan KKN di dua Kecamatan yakni Kecamatan Mendo Barat tepatnya di Desa Mabat dan Desa Matras Kecamatan Sungailiat," oleh Plt Sekda Bangka Drs H Espada Yamin di Sungailiat, Kamis.

Jadwal kegiatan para mahasiswa berlangsung selama dua bulan kedepan atau berakhir hingga Agustus 2013 mendatang. Keberadaan mashasiswa tersebut nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat setempat sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

"Saya menyambut baik atas kegiatan mahasiswa UGM ini dimana sangat membantu masyarakat setempat," katanya.

Espada menyarankan kepada seluruh mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN agar bisa memberikan konstribusi positif dalam pengembangan potensi masyarakat desa termasuk juga pemberdayaan ekonomi.

"Kalian ini merupakan calon pemimpin bangsa, dan harus bisa memberikan hal yang terbaik bagi bangsa dan negara. Saran dan kritiknya diharapkan dari adik-adik semua karena KKN dapat bermanfaat langsung untuk masyarakat maupun pemerintah daerah setempat," ujarnya

Dia juga menyarankan agar pada mahasiswa juga dapat berbaur dengan masyarakat sehingga dapat terwujud kerjasama yang baik.

Sementara dosen pembimbing Dr M Farchani Rosyid peserta KKN UGM mengatakan, mengucapkan terimakasih dan tujuan KKN ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi daerah yang dilakukan tempat KKN.

"KKN ini diikuti semua mahasiswa yang hampir ada di seluruh Indonesia dan dapat memberikan ilmu serta  manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat," katanya.

Dikatakan, ilmu yang didapat dari bangku kuliah dapat diaplikasikan untuk kepentingan masyarakat dan rencananya akan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ilmu yang mereka dapatkan sehingga dapat memberdayakan potensi masyarkat.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013