Pramuka Saka Wira Kartika Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berkomitmen menjaga dan melestarikan lingkungan hutan dan lahan basah dari ancaman kerusakan.

"Kami berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan hutan dari segala macam ancaman kerusakan," kata Pembina Pramuka Saka Wira Kartika, Danrem 045 Garuda Jaya, Brigjen A. Dedy Prasetyo, saat kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang digelar Bumi Perkemahan Pantai Karang Mas, Lintas Timur, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Sabtu.

Ia mengatakan menjaga kelestarian lingkungan hutan merupakan implementasi materi lima Krida Pramuka yang meliputi mountenering, Pioneer atau tali temali, survival atau cara bertahan hidup, engginering hingga penanggulangan bencana.

Persami digelar 3-4 Februari 2024 ini, diikuti ratusan anggota Pramuka dari berbagai kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan kegiatan sosial berupa penanaman 1.000 pohon jambu kristal dan jambu mete di area lokasi.

Ribuan bibit pohon jambu kristal dan jambu mente yang dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditebar di dua area yakni di wilayah daratan hutan untuk jambu kristal sedangkan untuk bibit jambu mente ditanam di area lahan yang menjorok ke pantai.

Dia berharap penghijauan hutan dengan penanaman ribuan batang buah jambu dapat menjaga lingkungan dan bentuk pencegahan bencana alam seperti abrasi dan banjir pada musim penghujan.

"Sesuai tema, kita lebih memperhatikan alam dan lingkungan sekitar kita dalam pencegahan bencana alam pada musim hujan yang sering terjadi banjir dan abrasi," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024