Pulau Belitung tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja. Tapi juga kuliner yang istimewa. Sebagai daerah Kepulauan, kulinernya unggulannya ialah hasil laut.

Hal inilah yang membuat Sulsia terus berinisiatif untuk mengembangkan usaha kuliner dengan memanfaatkan hasil laut.

Warga RT 03 RW 02 Dusun Kurnia, Desa Kurnia Jaya ini mulai merintis usaha mulai Tahun 2015, yakni peletek ikan tenggiri.

Pletek ikan tenggiri merupakan salah satu kuliner khas Pulau Belitung, biasanya jadi cemilan maupun teman makan. Pletek juga merupakan salah satu buah tangan yang bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Pulau Belitung.

Seiring berkembangnya waktu, Sulsia tidak hanya memproduksi pletek ikan tenggiri saja, tapi juga mulai membuat makanan khas Belitung lainnya seperti keripik sukun, kue kering dan berbagai produk kuliner khas Pulau Belitung lainnya.

"Dulu awal coba-coba bikin peletek, tapi ternyata berlanjut dan dijual dipasaran hingga sekarang, Alhamdulillah lancar hingga saat ini," kata Sulsia.

Ia menyebutkan, produk kuliner yang dihasilkannya memanfaatkan bahan lokal seperti ikan tenggiri dan lain-lainnya. Produksi mereka tak menentu tergantung pesanan dan selalu rutin.

"Usaha saya ini memanfaatkan hasil laut lokal dan juga dibantu saudara juga," bebernya.

Saat ini, dirinya memasarkan produknya di Pulau Belitung karena mengalami kendala dalam hal permodalan. Namun, dirinya juga kerap menerima pesanan dari luar Pulau Belitung namun masih skala kecil.

Untuk meningkatkan pemasaran produknya, Ia ingin menambah modal usaha. Bak gayung bersambut dirinya mengetahui program PUMK PT Timah. Sehingga memanfaatkan program pinjaman modal ini untuk mengembangkan usahanya.

"Alhamdulillah kita dibantu PT Timah Tbk, tidak ada kendala semuanya lancar dari PT Timah Tbk," sebutnya.

Ia mengakui, modal PUMK PT Timah digunakan untuk mengembangkan usahanya, terutama bahan baku dan bahan pendukung lainnya.

Ia berharap PUMK bisa terus berlanjut, sehingga mitra binnaan PT Timah bisa terbantu hingga mandiri nanti.

"Alhamdulillah kita lancar, produk kita dititipkan di pasar dan beberapa toko lainnya di Beltim," terangnya.

Produk Kartika tersedia bermacam kemasan yakni mulai 60 gram, 80 gram, 100 gram dan bahkan 1 kiloan.

"Jadi kalau mau beli bisa hubungi 081949212716, selain itu produk kita juga ada di pasar," tandasnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024