Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengantisipasi kekeringan saat musim kemarau dengan menyiagakan mobil pemadam kebakaran sekaligus menyediakan tangki-tangki air untuk menyuplai air bersih yang dibutuhkan masyarakat.

"Untuk menanggulangi kekeringan di kemarau tahun ini kami siapkan mobil tangki untuk menyuplai air kebutuhan masyarakat," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Kebersihan dan Kebakaran, PDAM dan pemangku kepentingan lainnya untuk bisa menyiapkan kendaraan pengakut air.

"Kami akan bantu masyarakat dengan menyiapkan kendaraan pengangkut air agar tidak kekurangan air," ujarnya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya juga akan turun ke lapangan untuk meninjau langsung daerah yang kekurangan air bersih saat kemarau.

"Saya sudah bicara dengan Damkar dan PDAM agar dapat menyediakan mobil tangki air dan  damkar untuk menyuplai air bersih kepada masyarakat. Kami juga akan cek daerah mana yang kekurangan air," katanya.

Dengan menyiapkan mobil tangki air dan damkar, Rustam berharap dapat meringankan masyarakat saat kemarau nanti. "Mudah-mudahan langkah ini membantu masyarakat dalam mendapatkan air bersih saat kemarau nanti," harapnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016