Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pasar sembilan bahan pokok (sembako) murah untuk menyikapi  tingginya harga.

"Pasar sembako selalu kita gelar dalam program ajak bupati sambang kampung (Aik Bakung) di beberapa titik," kata Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DkukMindag) Bangka Selatan Era Fitrawati di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan pasar sembako murah sangat membantu masyarakat dalam menekan pengeluaran rumah tangga yang semakin membengkak akibat naiknya harga beberapa komoditas pokok di pasar.

"Kita menggandeng beberapa distributor dalam menyediakan sejumlah bahan kebutuhan pokok tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan beberapa bahan kebutuhan pokok yang dijual di kegiatan pasar murah yaitu beras premium, beras medium, gula, tepung terigu dan minyak fortune

"Harga beras premium kemasan 5 kilogram Rp72 ribu, beras medium Rp55 ribu, gula Rp16 ribu, minyak fortune Rp16 ribu per liter dan tepung terigu Rp13 ribu per kilogram," ujarnya.

Ia mengatakan, harga tersebut lebih murah dibandingkan harga pasar dengan perbedaan sekitar Rp1.000 hingga 3.000 per kilogram.

"Kegiatan pasar sembako murah ini hanya bentuk intervensi pemerintah saja dalam menyikapi tingginya harga di pasaran," ujarnya

Selain itu kata dia juga untuk menekan inflasi dan memperkuat ketahanan pangan keluarga.

"Masyarakat juga didorong untuk membudidayakan tanaman hortikultura, terutama tanaman yang dapat memicu tingginya inflasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024