Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat kemitraan dengan media masa di wilayah itu untuk membantu pengawasan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti di Sungailiat, Kamis mengatakan, media masa baik elektronik, cetak maupun online mempunyai peran penting membantu Bawaslu dalam semua tahapan pemilu.

"Selain membantu pengawasan pemilu, saya berharap media masa juga membantu dalam publikasi kegiatan penyelenggara pemilu sehingga dapat diketahui dan dipahami masyarakat," jelas Sugesti.

Dia mengatakan, pihaknya membuka ruang diskusi dengan media masa menyangkut berbagai hal terkait kerja pengawasan pemilu di lapangan, karena diketahui kemampuan masing - masing anggota Bawaslu cukup beragam.

Mendekati hari pencoblosan, Bawaslu Bangka akan menggelar rapat secara intensif dengan pemangku kepentingan kepemiluan terkait agenda penertiban alat peraga kampanye, termasuk pula jadwal mengundang unsur dari organisasi perangkat daerah terkait untuk mencermati data daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK).

Memasuki masa tenang kampanye kata Sugesti, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan pengawasan pemilu secara berjenjang, mulai dari pencermatan DPT sampai pengawasan kegiatan pencalonan hingga pengawasan distribusi logistik pemilu yang cukup cermat.

"Bagian dari tahapan pemilu, kami sudah menyelenggarakan bimbingan teknis bagi saksi dari partai politik peserta pemilu, berdasarkan amanat undang - undang nomor:7 tahun 2017 pasal 321 ayat 24," ujarnya.

Bimbingan teknis saksi dari partai politik kata dia, sebagaimana kewenangan Bawaslu semua terfokus di tingkat kabupaten.

Dihimbau seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menyukseskan Pemilu 2024 dengan menyampaikan hak pilih sesuai hari nurani pada 14 Februari 2024 di masing - masing tempat pemungutan suara.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024