Disamping kesibukan dalam menjalan profesi sebagai abdi negara pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, terdapat kisah inspiratif dari seorang anggota Polisi di Polda Bangka Belitung.

Ya, berangkat dari kecintaan terhadap dunia ikan hias rupanya membawa kesuksesan bagi Polisi satu ini.

Ia adalah Brigadir Duki Saputra, salah satu anggota Polri yang berdinas di Bid Humas Polda Bangka Belitung.

Polisi yang akrab disapa Duki ini, sukses membuktikan bahwa hobi dapat dijadikan ladang bisnis tanpa mengganggu dan mengesampingkan kedinasan sebagai Polisi.

"Profesi sebagai Polisi tetap menjadi yang utama. Hobi dan bisnis ini hanya sampingan untuk mengisi waktu luang diluar jam kedinasan,"kata Brigadir Duki saat ditemui, Sabtu (10/2/24) siang.

Polisi lulusan Bintara tahun 2013 ini, mengatakan bisnis ikan hias yang digelutinya ini sudah dimulai sejak 7 tahun silam.

Ide bisnis ini tercetus berawal dari kecintaannya terhadap hewan terutama ikan hias yang dipelihara olehnya.

Kemudian, Ia mencoba melakukan pembibitan kecil-kecilan sampai akhirnya terbesit untuk menjual hasil bibitannya.

"Kalau hobi ikan hias sejak kecil, tapi membangun bisnis ini saya mulai sejak tahun 2017 lalu. Coba-coba pembibitan sampai akhirnya berhasil dan hasilnya dijual,"kata Duki.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Polisi yang juga dikenal dikalangan Komunitas ikan hias ini juga memanfaatkan rumahnya sebagai tempat usaha jual ikan hiasnya.

Berbagai jenis ikan hias yang dijual olehnya mulai dari jenis ikan hias kecil seperti Guppy hingga ikan hias jumbo seperti Channa, Aligator hingga Arwana.

Tak hanya itu, pangsa jualan ikan hiasnya juga sudah melebar ke sejumlah Kota dan Kabupaten di Bangka Belitung.

"Bahkan banyak juga peminatnya dari luar Provinsi, karena saya juga memanfaatkan media sosial sebagai wadah bisnis untuk lebih mudah apalagi era digitas saat inikan. Jadi pangsa pasarnya bisa kita jangkau hingga provinsi lain,"ceritanya.

Selain menjual berbagai jenis ikan hias, Brigadir Duki juga menjual berbagai perlengkapan dan peralatan memancing. Ia juga membuka jasa seperti pembuatan aquarium hingga service alat pancing.

"Sambil-sambilan juga, kebetulan kawan-kawan komunitas hobi mancing, saya ambil peluang jual dan service alat pancing,"ungkapnya.

Meskipun kini sukses menjalankan bisnisnya, Brigadir Duki tetap bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai Polisi.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024