Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap korban kecelakaan kapal yang membutuhkan evakuasi medis (medevac) di perairan Semujur, kecamatan Bukit Intan, kota Pangkalpinang pada Minggu (11/2).

"Korban atas nama Tony (53) merupakan anak buah kapal (ABK) MT PIS Patriot jenis tanker yang berlayar dari Tanjung Uban menuju Semarang", kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa dalam keterangan tertulis yang diterima Antara Babel di Pangkalpinang.

Ia mengatakan pada saat melakukan evakuasi, tim gabungan tiba di titik pertemuan pada Sabtu (10/2) pukul 20.43 WIB menggunakan RBB-01 PKP dengan jarak 11 Nm ke arah timur dari dermaga Pangkalbalam, sementara itu MT PIS Patriot masih menuju titik pertemuan.

Kemudian, pada pukul 20.50 WIB RBB-01 mendekati MT PIS Patriot untuk mempercepat pertemuan.

"Kapal berhasil sandar pada pukul 22.41 WIB, selanjutnya tim dokter dan tim SAR berhasil naik ke atas kapal untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap kondisi korban, "ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, korban dinyatakan sudah meninggal dunia 4-6 jam yang lalu dan selanjutnya dilakukan proses evakuasi dari MT Pis Patriot ke RBB-01 PKP.

"RBB-01 PKP tiba dan sandar di dermaga Pos TNI AL Pangkalbalam sekitar pukul 01.55 WIB, dan korban langsung di evakuasi menuju ke RS Bakti Timah, "ujarnya.

Pada pukul 02.00 WIB Tim SAR Gabungan melaksanakan debriefing dan selanjutnya Ops SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat kembali ke kesatuan masing-masing.

Pewarta: Bima Agustian

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024