Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 mencapai 77,5 persen.

"Target ini tentu lebih tinggi dibanding pemilu sebelumnya dan kami optimistis bisa tercapai," kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Pertisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Belitung Timur Asrikhah di Manggar, Minggu.

KPU Belitung Timur sudah melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di antaranya melibatkan berbagai lapisan masyarakat untuk menjadi penyelenggara pemilu atau badan ad hoc, baik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Mereka ini juga akan berpartisipasi aktif selain menjadi pemilih mereka juga menjadi penyelenggara pemilu, bertanggung jawab memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat

“Kemudian kawan-kawan PPK dan PPS juga nanti di hari terakhir akan berkeliling mengajak masyarakat untuk datang ke TPS," kata Asrikhah.

Selain itu pula, pihaknya sudah menggelar berbagai kegiatan sosialisasi baik kepada pemilih pemula, pemilih disabilitas, pelajar hingga pemilih marjinal.

"Kita juga ada reward khusus untuk TPS yang berhasil mengajak masyarakat ke TPS dengan tingkat partisipasi di atas 90 persen," ujarnya.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 di Kabupaten Belitung Timur mencapai 95.791 pemilih .

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024