Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA memberikan pesan khusus kepada masyarakat Babel jelang hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat Babel agar menggunakan hak pilihnya. Datang ke TPS dengan gembira dan tanpa tekanan. Mari Kita jadikan Babel menjadi provinsi yang tertinggi tingkat partisipasinya pada Pemilu 2024," ujar Pj Gubernur Safrizal usai menghadiri Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Personil Polda Babel dalam rangka Pemilu 2024 di Halaman Mapolda Babel, Senin (12/2). 

Ia kemudian menegaskan bahwa Forkopimda Babel bersama penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) terus memperkuat sinergisitas guna menjaga kondusifitas wilayah selama masa Pemilu 2024, termasuk dalam menyambut masa tenang pesta demokrasi ini. 

Salah satunya dengan digelarnya Apel ini. Hal ini merupakan upaya untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman dan kondusif. 

"Seperti kita ketahui bahwa Babel ini adalah provinsi kepulauan, dimana daratan hanya 1/3 cakupan wilayahnya, ditambah banyak pulau-pulau kecil. Sehingga Forkopimda Babel senantiasa mensupport baik itu KPU dan Bawaslu, utamanya dalam hal aksesibilitas," ungkapnya. 

Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengatakan pihaknya telah mengerahkan pergeseran pasukan sebanyak 2.855 personel untuk pengamanan Pemilu 2024. Hal itu untuk memastikan pemungutan suara berjalan aman dan kondusif. 

Ia juga memastikan pihaknya sudah memetakan potensi rawan konflik, serta rutin melaksanakan patroli untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya gangguan atau kecurangan selama pemungutan dan penghitungan suara. 

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat Babel untuk menyalurkan hak suaranya. Harapan kita agar Pemilu 2024 di Babel berjalan kondusif, demokratis, aman, dan damai," pungkasnya. 

Pewarta: Aprionis/Budi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024