Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima peserta didik baru untuk jalur prestasi dengan seleksi tanpa tes.

"Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 kita tutup pada 17 Februari 2024, para pendaftar bisa memilih dua jalur seleksi yaitu jalur tes dan prestasi," kata Kepala MAN IC Bangka Tengah Ahmad Sukri Ahkap di Sungkap, Jumat 

Seleksi jalur tes dilakukan dengan mengikuti tes berbasis komputer yang diselenggarakan bagi pendaftar yang memenuhi syarat. 

Sedangkan jalur prestasi adalah seleksi tanpa tes paling banyak 10 persen bagi siswa terbaik lulusan Mts/SMP yang memiliki prestasi peraih juara 1, 2, dan 3 di bidang sains maupun lainnya tingkat nasional.  

"Ini merupakan kesempatan emas bagi siswa MTs/SMP untuk menjadikan MAN IC sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan,” ujarnya.   

Ahmad Sukri Ahkap mengatakan, MAN IC menawarkan program unggulan tahfiz qur’an, karya tulis ilmiah, studi kolaborasi, dan home stay yang merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat.  

“Kurikulum MAN IC menggunakan kurikulum Kementerian pendidikan dan Kementerian Agama yang diperkaya visi misi madrasah. Tentu saja, struktur kurikulum diperkaya dengan sains dan teknologi serta peningkatan kualitas keimanan dan ketakwaan," ujarnya.  

MAN IC Bangka Tengah juga menyiapkan  program penunjang kurikulum yang didesain untuk mempersiapkan peserta didik menjadi pemimpin masa depan yang cerdas dan berakhlak mulia.  

"Kita ingin peserta didik dan lulusannya memiliki otak Jerman  hati Makkah. Oleh karena itu, kurikulum didesain menyeimbangkan antara Iptek dan Imtak,” katanya.  

Peserta dapat melalukan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id. Peserta membuat akun dengan menggunakan email dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Setelah membuat akun, pendaftar melakukan input data dan mengunggah dokumen surat rekomendasi dari  kepala madrasah/sekolah asal.   

Pendaftar diperkenankan memilih dua MAN Insan Cendekia kemudian mengunggah berkas persyaratan berupa pas foto  berwarna terbaru ukuran 3x4 cm dan fotokopi akte kelahiran. Bagi peserta yang mengajukan beasiswa pendidikan, dapat melampirkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

Setelah mengunggah berkas persyaratan, peserta dapat memilih lokasi tes dan mencetak kartu pendaftaran.   

Kepala MAN IC Bangka Tengah (Bateng), Ahmad Sukri Ahkap mengatakan bahwa pembukaan SNPDB dilaksanakan serentak untuk seluruh MAN IC di Indonesia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024