Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 serentak di tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

"Penghitungan di seluruh TPS sudah selesai, sekarang digelar rekapitulasi perolehan suara serentak di seluruh atau enam kecamatan," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan PPK yang melakukan rekapitulasi perolehan suara di enam kecamatan yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpangkatis, Sungaiselan dan Kecamatan Pangkalanbaru.

"Kemungkinan rekapitulasi perolehan suara ini berlangsung hingga malam, karena sampai sore ini baru surat suara presiden dan wakil presiden yang sudah berhasil direkap," ujarnya.

Terdapat lima jenis surat suara yang dilakukan rekapitulasi dan pleno di tingkat kecamatan yaitu surat suara calon presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan surat suara DPRD kabupaten/kota.

"Tentu saja kita berharap semua petugas KPPS dan PPK dalam kondisi fisik yang kuat sehingga tidak mengalami sakit saat bertugas merekap surat suara yang sudah dicoblos," ujarnya.

Ia mengatakan, rekapitulasi dan rapat pleno perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat PPK lebih cepat dari perkiraan awal.

"Tahapan rekapitulasi di tingkat PPK paling lambat pada 3 Maret dan di KPU pada 5 Maret 2024, namun bisa lebih dipercepat jika semua kecamatan sudah melakukan pleno," ujarnya.

Ia mengimbau warga dan para peserta pemilu untuk bersabar menunggu hasil resmi dari KPU terkait perolehan suara Pemilu 2024.

"Secara hitungan cepat dari lembaga survei dan media center tim sukses memang sudah merilis hasilnya, tetapi itu hanya sebagai data perbandingan karena data resminya hanya dikeluarkan oleh KPU," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024