Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan secara serentak, guna merekap hasil perolehan suara di masing-masing TPS Pemilu 2024.

"Hari ini kita menggelar rekapitulasi suara tingkat kecamatan secara serentak," kata Ketua KPU Kota Pangkalpinang Sobarian di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan ini digelar secara serentak di kecamatan se-Kota Pangkalpinang yang dikawal ketat oleh aparat TNI, Polri, Bawaslu dan para saksi dari masing-masing partai politik, guna memastikan rekapitulasi suara di tingkat TPS ini berlangsung aman, tertib dan lancar.

"Alhamdulillah, rekapitulasi tingkat kecamatan hari ini berjalan aman, tertib dan lancar," ujarnya.

Menurut dia kegiatan rekapitulasi suara tingkat kecamatan ini dapat dilakukan dengan cepat dan sesingkat-singkat mungkin, namun berkaca Pemilu 2019 lalu, kegiatan rekapitulasi tingkat PPK ini hampir satu minggu.

"Rekapitulasi suara ini diperkirakan akan membutuhkan waktu yang cukup panjang, bahkan mencapai seminggu seperti pemilu tahun-tahun sebelumnya,"  katanya.

Ia berharap anggota PPK untuk selalu menjaga kesehatan dan meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam melakukan rekapitulasi suara yang akan terjadi.

"Setelah selesai rekapitulasi tingkat kecamatan, maka rekapitulasi akan dilaksanakan di tingkat kota pada 5 Maret tahun ini," katanya. 

Pantauan Antara di Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang, kegiatan rekapitulasi suara dihadiri puluhan saksi dari partai politik berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Terlihat puluhan anggota kepolisian, TNI dan Bawaslu berjaga-jaga di depan pintu ruangan rapat dan dalam kawasan Kantor Camat Rangkui, guna mengantisipasi gangguan keamanan selama rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 berlangsung. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024