Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pengawalan proses rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilu 2024 di tingkat kecamatan.

"Sampai hari ini seluruh kecamatan masih melaksanakan proses rekapitulasi, kami berharap proses ini bisa berjalan dengan baik, sesuai aturan dan tepat waktu," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Dwi Aprianto di Mentok, Senin.

Ia mengatakan proses rekapitulasi masih berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan dan diharapkan bisa selesai dalam tiga hingga lima hari ke depan.

Untuk proses rekapitulasi di tingkat kabupaten, kata dia, hingga saat ini pihaknya belum bisa menentukan karena masih menunggu perkembangan proses di tingkat kecamatan.

"Kita masih menunggu hasil di tingkat kecamatan, setelah seluruh kecamatan selesai maka kita akan laksanakan rapat untuk menentukan waktu dan tempat pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kabupaten," katanya.

Terkait dengan logistik pemilu yang sudah selesai direkap di tingkat kecamatan, kata dia, seluruh logistik nantinya langsung dikirim ke gudang logistik KPU Bangka Barat untuk dikumpulkan sekaligus melengkapi administrasi berita acara penyampaian ke KPU Kabupaten Bangka Barat.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan KPU Kabupaten Bangka Barat, menurut dia, sampai sejauh ini belum ada permasalahan dalam proses rekapitulasi dan tidak ditemukan indikasi adanya potensi pemungutan suara ulang di seluruh kecamatan.

Hal senada dikatakan Anggota Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Pahlevi yang mengatakan belum ada temuan di lapangan yang berpotensi menyebabkan pemungutan suara ulang.

"Berdasarkan pengawasan yang kami laksanakan bersama jajaran, sampai hari ini belum ada temuan yang mengarah ke pemungutan suara ulang," katanya.

Berdasarkan laman pemilu2024.kpu.go.id pada Senin (19/2) pukul 13.00 WIB, hasil rekapitulasi suara untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten, untuk daerah pemilihan (dapil)-1 telah menyelesaikan sebanyak 69 dari145 TPS (47,59persen), dapil-2 68 dari 84 TPS (80,95 persen), dapil-3 145 dari 160 TPS (90,63 persen) dan untuk dapil-4 telah berhasil menyelesaikan rekapitulasi suara 100 dari 181 TPS (55,25 persen).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024