Kepolisian Resor(Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengamanan gudang logistik yang digunakan untuk menyimpang hasil pemungutan suara Pemilu 2024.

"Selain menjaga keamanan proses rekapitulasi yang berlangsung di seluruh kecamatan, kami juga melakukan pengamanan gudang logistik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Senin.

Menurut dia, saat ini seluruh kecamatan di daerah itu masih melaksanakan proses rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu 2024 dan diperkirakan akan selesai dalam beberapa hari ke depan.

Seluruh proses yang dijalankan penyelenggara, kata dia, akan mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian yang saat ini masih menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Dalam operasi ini, Polres Bangka Barat juga mengamankan sejumlah objek penting yang ada di daerah itu, antara lain Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Kompleks Perkantoran Bupati, Kantor DPRD dan Gudang Logistik KPU Bangka Barat.

Selain melakukan pengamanan sehari penuh di objek penting tersebut, pihaknya juga melakukan patroli keliling untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat setelah pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024.

"Khusus untuk gudang logistik, KPU Bangka Barat juga telah memasang kamera pengintai di beberapa titik untuk memudahkan pemantauan melalui monitor di pos penjagaan," katanya.

Pemasangan kamera pengintai ini penting dilakukan agar petugas lebih mudah melakukan pengawasan di sekitar gudang sehingga bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban.

"Kepada seluruh anggota yang berjaga agar betul-betul melakukan pengecekan dan kontrol rutin secara maksimal sehingga keamanan keamanan tetap terjaga," katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini Polres Bangka Barat masih menempatkan sejumlah personel di sejumlah objek penting untuk memastikan segala aktivitas berjalan dengan aman dan tertib.

Selain itu, keberadaan polisi juga diperlukan untuk mencegah potensi kerumunan atau gangguan yang mungkin terjadi pada saat proses rekapitulasi hingga setelah pengumuman hasil pemilu.

Pengamanan tidak hanya dilakukan aparat kepolisian, tetapi juga melibatkan koordinasi dengan unsur-unsur keamanan lainnya.

"Kami juga berharap partisipasi aktif dari masyarakat dalam mendukung langkah-langkah ini, guna menjaga keamanan bersama," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024