Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan 5.000 benih nila kepada kelompok budi daya ikan (Pokdakan) air tawar di Desa Trubus.

"Bantuan benih ikan nila ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung dan mendorong pengembangan usaha pembudidayaan ikan air tawar," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai menghadiri kegiatan panen perdana ikan budi daya milik Pokdakan Desa Trubus, Sabtu.

Bupati mengatakan, pengembangan usaha perikanan budi daya Pokdakan Desa Trubus yang merupakan binaan dari Dinas Perikanan Bangka Tengah patut menjadi contoh bagi desa lainnya di daerah setempat 

"Kecamatan Lubuk Besar, terutama di Desa Trubus memang kita proyeksikan sebagai salah satu sentra perikanan air tawar, terutama jenis nila dan lele," ujarrnya.

Pokdakan Desa Trubus berhasil melakukan penan perdana ikan nila dan lele dengan hasil cukup memuaskan, sebagai bukti mereka benar-benar tekun dan berhasil menjadi pembubidaya produktif 

Algafry juga berkomitmen bersama Dinas Perikanan Bangka Tengah untuk terus memberikan perhatian terhadap perkembangan dan kemajuan perikanan budi daya.

"Kami akan terus memberikan dukungan untuk meningkatkan nilai ekonomis dari sektor perikanan. Menjadi contoh bagaimana kita bisa bersama masyarakat, melalui Pokdakan mengembangkan budidaya ikan air tawar," ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Imam Soehadi mengatakan terdapat dua jenis ikan air tawar yang dikembangkan di Desa Trubus yaitu lele dan ikan nila.

"Kita berharap panen perdana ikan lele dan nila ini dapat menjaga kelestarian sumber daya perikanan dan mampu mendukung nilai ekonomi serta pemanfaatan perikanan secara berkelanjutan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024