Komando Distrik Militer (Kodim) 0432/Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka akses jalan di tiga dusun yang terisolasi.

"Kita membangun dan merehab jalan menuju tiga dusun yaitu Dusun Jelemu, Gumbak dan Dusun Ketiak untuk menggeliatkan perekonomian dan warga tidak terisolasi lagi," kata Dandim 0432/Bangka Selatan Letkol Inf Gani Rachman di Toboali, Minggu.

Pembangunan akses jalan di tiga dusun tersebut merupakan realisasi dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan sasaran infrastruktur fisik dan pembangunan sosial kemasyarakatan.

"Sasaran dari TMMD ini adalah warga yang tinggal di pelosok desa, hidup terisolasi dan sedikit mendapatkan sentuhan pembangunan fisik serta pembangunan sumber daya manusia," ujarnya.

Saat ini sasaran kita adalah tiga dusun yang memang kondisi masyarakatnya belum begitu maju karena jauh dari pusat kecamatan dengan akses jalan belum memadai.

"Selain membangun infrastruktur fisik, program TMMD juga juga meningkatkan pembangunan manusia seperti merehab sarana ibadah, mengajar anak-anak mengaji, membagikan buku bacaan dan mengajak masyarakat bergotong royong membersih kampung," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga memberikan pendidikan wawasan kebangsaan kepada para generasi muda untuk menumbuhkan jiwa dan semangat bela NKRI.

"Kita juga membantu pemerintah menjalankan program kesehatan, seperti penanganan stunting dan pengobatan gratis," ujarnya.

Dandim berharap peningkatan fasilitas jalan menuju tiga dusun tersebut segera rampung, sehingga masyarakat tidak lagi terisolasi.

"Akses jalan ini penting, karena kondisi jalan yang bagus juga berdampak terhadap bidang yang lainnya seperti ekonomi kerakyatan, kesehatan, pendidikan dan teknologi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024