Pangkalpinang (Antara Babel) - PT Timah (Persero) Tbk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkapinang, Provinsi Bangka Belitung sebanyak 450 kantong darah guna memenuhi kebutuhan darah masyarakat di daerah itu yang tinggi.

"Target kegiatan donor darah kita kali ini menghasilkan sebanyak 450 kantong darah dan seterusnya akan diserahkan kepada PMI Kota Pangkalpinang," kata Dirut PT Timah, M Riza Pahlevi saat menghadiri peringatan Bulan Bhakti PT Timah ke-40 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan donor darah merupakan bentuk kepedulian karyawan PT Timah dalam membantu PMI memenuhi kebutuhan darah yang sangat tinggi terutama untuk pasien-pasien di rumah sakit di daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan donor ini kita dapat meringankan beban PMI dalam mencari dan memenuhi kebutuhan darang yang tinggi," ujarnya.      

Wakil Direktur PMI Kota Pangkalpinang, dr Rizki Cinderasuci mengaku sangat mengapresiasi PT Timah yang mengelar donor darah untuk meningkatkan stok darah di PMI setempat.

"Saat ini pendonor kita memang kurang, sehingga stok darah selalu menipis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi," ujarnya.

Ia menjelaskan, kebutuhan darah di daerah itu mencapai 1.250 kantong darah per bulan, sementara stok yang bisa dipenuhi hanya sekitar 900 kantong saja.

"Kami terus berupaya meningkatkan stok darah dengan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat dan mencari relawan sebanyak-banyaknya serta bekerja sama dengan berbagai instansi, swasta, perguruan tinggi dan sebagainya," katanya.

Ia mengaku akan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor agar ketersediaan darah cukup untuk memenuhi kebutuhan pasien di rumah sakit.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016