Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-52 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas), Rabu (28/2).

Dalam sambutannya Pj Gubernur Safrizal mengatakan Basarnas yang identik dengan korps baju orange ini lahir dan hingga saat ini setelah setengah abad lebih, Basarnas sebagai lembaga pemerintah konsisten menunjukkan eksistensinya menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pencarian dan pertolongan atau search and rescue. 

Genap berusia 52 tahun, dalam perjalanannya Basarnas telah mengalami berbagai peristiwa suka dan duka, dinamika yang terjadi selama itu menjadi dasar untuk memperkokoh fondasi Basarnas dalam mengampu tugas dan tanggung jawabnya, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada saat terjadi keadaan darurat, baik kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia. 

"Dengan tema ulang tahun kali ini adalah “quick action, satu jiwa satu rasa”. Tema tersebut merepresentasikan kecepatan kita dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat selama ini," ujarnya.

Menurut Safrizal jika semakin cepat, maka semakin besar kemungkinan kita menyelamatkan korban. kecepatan itu dilandasi dengan semangat pengabdian, keteguhan dan ketulusan hati, serta kebersamaan yang solid, itulah ciri khas insan SAR dalam bekerja. 

Semua menyadari bahwa tugas SAR memiliki dimensi moral yang tinggi. misi kemanusiaan yang mulia karenanya, kita harus menunjukkan bahwa kita siap bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas dalam penyelenggaraan operasi SAR. 

"Kita harus memberikan pelayanan SAR yang optimal kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan. kita bekerja profesional dengan berbasis kompetensi cepat, tepat, dan terukur.  Ingat, pekerjaan SAR memiliki resiko tinggi karena itu, safety first dan zero accident menjadi hal krusial yang mutlak diterapkan dalam tugas," ujarnya. 

Ia menambahkan, reputasi Basarnas selama ini sangat membanggakan. Basarnas begitu dicintai masyarakat dan reputasi itu harus kita jaga, kita pertahankan dengan etos kerja secara komprehensif. 

Dan pada kesempatan ini, Ia menyampaikan 5 poin untuk dipedomani dalam bekerja yakni, pertama tingkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, selalu berdoa dalam melaksanakan tugas dengan tulus, ikhlas, dan loyal. 

Kedua, pegang teguh panca Prasetya Korpri dan janji rescuer dalam pelaksanaan tugas. Ketiga, wujudkan profesionalisme sebagai ASN berakhlak, yaitu berorientasi pada pelayanan, akuntabel, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, yang berpedoman pada standard operating procedure. 

Keempat, wujudkan sinergisitas dan jaga kekompakan dengan seluruh potensi SAR dimanapun bertugas dengan mengedepankan dan menjaga kepercayaan rakyat dan kelima, terus berinovasi dan kembangkan kreativitas dengan proaktif mengikuti dan beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Saya berharap dengan kecepatan, kapabilitas, dan standart operating procedure di segala aspek, basarnas ke depan dapat lebih baik dan lebih baik lagi. Selamat ulang tahun ke-52 Basarnas," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024